Ratusan Kepsek di Audit Inspektorat Terkait Penggunaan Dana BOS Reguler

ACEH SINGKIL/NEWSSANTIKORUPSI-Ratusan kepala sekolah SD dan SMP/sederajat di Audit inspektorat kabupaten aceh singkil Tentang penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) Tahun anggaran 2021.

Dana yang dikelola oleh pihak sekolah baik SDN dan SMPN dari 11 kecamatan se kabupaten aceh singkil jumlah sekolahan hampir 300 sekolah tidak sedikit puluhan miliar anggaran nya ,maka dari itu Fungsi Inspektorat sebagai aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) melakukan pemeriksaan/audit kepada pihak sekolah sebagai fungsi pengawasan pelaksanaan.

Bacaan Lainnya

M.Hilal, Kepala Inspektur Inspektorat Aceh Singkil, selasa (28/12/2021)mengatakan bahwa, tujuan pemeriksaan kita lakukan adalah melihat penggunaan dana bos yang selama ini dikelola oleh pihak sekolah seperti apa,maka kita coba masuk untuk malakukan Audit, “kata nya.

“Pemeriksaan ini sudah berjalan sekitar 1 bulan dilakukan oleh tim auditor, dan saya pun tidak menyangka seperti ini,rupanya tim agak mendalami dan melihat surat pertanggung jawaban(SPJ)makanya pihak sekolah beberapa kali di suruh datang untuk pembuatan SPJ dan diarahkan diadakan pertemuan pertemuan sehingga pertanggungjawaban dana bosnya betul betul sesuai dengan ketentuan,”kata Hilal.

Ketika di singgung terkait bimtek kepala sekolah di pulau banyak dengan menggunakan dana bos,Hilal menjawab itu juga bagian yang kita periksa namun mengenai teknis tentang penggunaan dana bos itu lebih kepada dinas pendidikan nya.

“Untuk agenda audit dana BOS selama saya di sini,setahu saya belum pernah di lakukan dan ini baru dilaksanakan,dan ini perdana pemeriksaan dana BOS,”tutur nya.

Dana yang diterima oleh sekolah langsung ditransfer dari pusat dan jumlahnya cukup besar puluhan miliar memang masing-masing sekolah kecil ada 60 juta,ada juga100, bahkan ada juga100 lebih, jadi kalau kita kalikan ratusan sekolah jumlah nya kan sudah puluhan miliar maka dari itu ini harus dikelola dengan baik Penggunaan dana bos kita melihat spesifik ada tidak sesuaian mungkin dalam hal pertanggung jawaban tidak lengkap maka kita mengarahkan sebagai Pembinaan.

Jadi sejauh ini untuk mengarah piktif belum ada saya juga tidak menyangka seperti ini memakan’waktunya untuk di periksa maka nya kalau di lihat di gedung tadi sangat banyak sekali para kepala sekolah yang periksa oleh tim Audit,

Dan semoga saja para pengguna anggaran seperti kepala sekolah (Kepsek) atau Bendahara sekolah bisa memberikan laporan sesuai dengan kebutuhan sekolahnya.pemeriksaan ini masih sedang di dalami sehingga belum bisa di bilang ada temuan, ungkap Hilal.(Aiyub Bancin)

Pos terkait