Penitia Masjid Ar-raudah Desa’ Gunung Lagan Adakan Pemotongan Hewan Qurban

ACEH SINGKIL/NEWSSANTIKORUPSI –Dalam rangka merayakan Idul Adha dan ibadah qurban pada tahun1443 Hijriyah/2022 Masehi, pengurus Masjid Ar Raudah dusun 1 desa’ gunung lagan Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil.minggu tanggal 10/7/2022.

Panitia Penyembelihan Hewan Qurban yang telah dibentuk beberapa hari yang lalu untuk melaksanakan kegiatan pemotongan hewan qurban di halaman masjid Ar Raudah.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi yang yang diperoleh dari sekeretaris desa (Sekdes) , Rahim Muda Berutu diketahui bahwa jumlah hewan qurban pada tahun 2022 ini adalah sebanyak dua puluh ekor ,yang terdiri dari enam ekor sapi di masjid Ar-raudhah dan masjid Al Takwa 6 ekor sapi.

Selanjutnya mushalla Baitul hikmah 4 ekor sapi dan 2 kambing Sikuningan lima belas ekor kambing dan mushalla Babul Falah 2 ekor sapi 3 ekor Kambing di mushola Al-kahfi 1 ekor sapi juga pesantren Az-Zamzamyah 1 ekor 3 kambing ,jelas Rahim.

Qurban Idul Adha 1443 H

Kampung Gunung Lagan

Lokasi tempat Pemotongan

Mesjid Ar-Raudhah

a. Sapi : 6

b. kambing : 1

Mesjid At-Taqwa

a. Sapi : 6

b. kambing : 0

Musholla Baitul Hikmah

a. Sapi : 4

b. kambing : 2

Musholla Babul Falah

a. Sapi : 2

b. kambing : 3

Musholla Al-Kahfi

a. Sapi : 1

b. kambing : 0

Pesantren Az-Zamzamiyah

a. Sapi : 1

b. kambing : 3

Dengan jumlah hewan yang banyak tersebut agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan baik tentu harus dikelola dengan baik,salah satu diantaranya melalui kepanitiaan. anggota panitia yang diketuai oleh Sahidun jelasnya ketika ditanya ada berapa orang yang dilibatkan untuk mensukseskan kegiatan tersebut lewat via washap.

Waktu penyembelihan hewan dilaksanakan waktu ba’da shalat idul adha panitia sudah mulai sibuk bekerja dengan perlengkapan dan peralatan yang sudah dipersiapkan. Seperti biasanya ramai warga lingkungan masjid Ar-raudhah

Menyaksikan proses penyembelihan hewan qurban tersebut, mulai dari yang muda sampai orang tua. Hewan qurban yang telah disembelih tersebut langsung dikuliti, dicacah-cacah ukuran kecil, ditimbang dan dimasukan ke dalam kantong-kantong yang sudah dipersiapkan

Setelah semua proses selesai dilakukan , yakni mulai dari penyembelihan hewan qurban , pengulitan , pencacahan daging dan tulang , pemasukan daging ke kantong-kantong, penimbangan daging selesai, selanjutnya daging –daging tersebut dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya berdasarkan data-data yang sudah dipegang oleh panitia. “ Mulai didistribusikan ba’da dzhuhur, di drop ke dusun dusun masing-masing, kemudian dari Pak kadus mendistribusikannya ke warganya,” ungkapnya.

Alhamdulillah, kegiatan pemotongan hewan qurban dan penyaluran daging qurban di lingkungan Masjid Ar-raudah berjalan dengan tertib dan lancar. Semua itu atas rahmat Allah SWT , kerjasama panitia dan warga. “ kegiatan penyaluran daging qurban berjalan lancar,” kata sekretaris desa (Sekdes) Rahim Muda Berutu.(Aiyub Bancin).

Pos terkait