Pemotongan Hewan Qurban Kampung Gunung Berjalan Dengan Baik

ACEH SINGKIL/NEWSSANTIKORUPSI –Dalam rangka merayakan Idul Adha atau ibadah kurban pada tahun1443 Hijriyah/2022 Masehi, pengurus Masjid Ar-Raudah Dusun 1, Desa Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil senin 11/7/2022.
Panitia penyembelihan hewan Qurban yang telah dibentuk beberapa hari yang lalu untuk melaksanakan kegiatan pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Ar-Raudah atau di mushola dusun masing-masing..
Berdasarkan informasi yang yang diperoleh dari Sekretaris Desa (Sekdes), Rahim Muda Minggu sore 10/7/2022 diketahui bahwa jumlah hewan kurban pada tahun 2022 ini sebanyak 29 ekor, terdiri dari 6 ekor sapi di Masjid Ar-Raudah dan 6 ekor sapi di Masjid Al-Takwa.
Selanjutnya, Musala Baitul Hikmah 4 ekor sapi dan 2 kambing, Sikuningan 15 ekor kambing dan Musala Babul Falah 2 ekor sapi dan 3 kambing. Di Musala Al-Kahfi 1 ekor sapi, juga Pesantren Az-Zamzamyah 1 ekor 3 kambing, jelas Rahim.

Dengan jumlah hewan yang banyak siangnya kembali’bertambah 9 ekor lagi jadi jumlahnya 29 ekor sapi 13 Ekor kambing semoga kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan baik, tentu harus dikelola dengan baik. Salah satu diantaranya melalui kepanitiaan.
Anggota panitia yang diketuai Sahidun, jelasnya ketika ditanya ada berapa orang yang dilibatkan untuk mensukseskan kegiatan tersebut lewat via washap.
Waktu penyembelihan hewan dilaksanakan waktu ba’da shalat idul adha, panitia sudah mulai sibuk bekerja dengan perlengkapan dan peralatan yang sudah dipersiapkan. Seperti biasanya ramai warga lingkungan Masjid Ar-Raudhah.
Menyaksikan proses penyembelihan hewan qurban tersebut, mulai dari yang muda sampai orang tua. Hewan qurban yang telah disembelih tersebut langsung dikuliti, dicacah-cacah ukuran kecil, ditimbang dan dimasukan ke dalam kantong-kantong yang sudah dipersiapkan
Setelah semua proses selesai dilakukan, yakni mulai dari penyembelihan hewan qurban, pengulitan, pencacahan daging dan tulang, pemasukan daging ke kantong-kantong, penimbangan daging selesai, selanjutnya daging-daging tersebut dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya berdasarkan data-data yang sudah dipegang oleh panitia.
“Mulai didistribusikan ba’da dzhuhur, di drop ke dusun-dusun masing-masing, kemudian dari Pak kadus mendistribusikannya ke warganya,” ungkapnya.
Alhamdulillah, kegiatan pemotongan hewan qurban dan penyaluran daging qurban di lingkungan Masjid Ar-Raudah berjalan dengan tertib dan lancar. Semua itu atas rahmat Allah SWT, kerjasama panitia dan warga.sehingga penyaluran daging qurban berjalan lancar,” kata Sekdes Rahim Muda Berutu. (Aiyub Bancin)

Pos terkait