Kadis Distanbunkan Bersama Kapolres Subulussalam Antisipasi Wabah PMK Menular

NEWSSANTIKORUPSI/Subulussalam Aceh Singkil

Kadis Pertanian perkebunan dan Perikanan Kota Subulussalam melalui Kepala Bidang Peternakan Lakukan Chek Poin Antisipasi Bahaya Penyakit Menular bagi Sejumlah Ternak bersama Kapolres Subulussalam Ajun Komisaris Besar Polisi Muhamad Yanis, S.I K. Ke sejumlah Kandang ternak dikota Subulussalam Kamis 12/05/22.

Bacaan Lainnya

Mewaspadai Wabah Menular PMK(Penyakit Mulut dan Kuku Bagi Ternak.) Antisipasi ini dilaksanakan untuk mencegah mengurangi wabah penyakit menular Bagi ternak Sapi maupun mamalia lainnya ke sejumlah peternakan dilingkungan Kota Subulussalam, agar tidak merugi dan demi kesehatan masyarakat.

Menurut Kapolres Subulussalam AKBP M.Yanis S.I.K. ” PMK atau juga dikenal dengan Food and Mouth Disease merupakan penyakit hewan menular akut yang yang berdampak signifikan terhadap ekonomi peternak. jenis hewan yang rentan terjangkit umumnya ternak Sapi, kerbau, kambing, domba dan Ruminansia lainnya.

“Maka dalam Rapat ini, kita mengharapkan Awal pembentukan Satgas penyakit menular bagi ternak. Apalagi dalam waktu dekat kita akan melangsungkan Hari Raya Idul Adha sejak dini harus benar benar kita antisipasi kesehatan Hewan yang masuk daerah kita atau hewan yang keluar, kepada semua kita SKPK yang kami undang untuk bersama sama menjaga mengurangi mencegah penyakit menular ternak yang disebut penyakit PMK(Penyakit Mulut dan Kuku).” Ucap Kapolres Subulussalam Pimpin Rapat Awal akan pentingnya Satgas mengatasi penyakit PMK bagi Ternak yang ada dikota Subulussalam.

Drh. Agus Salim Kepala bidang peternakan Kota Subulussalam Mengingatkan “semakin merebaknya kasus PMK, dinas Pertanian Perkebunan dan Perikanan kota Subulussalam, akan melaksanakan monitoring, KIE dan Pencegahan masuknya virus PMK di Subulussalam, di himbau kepada peternak untuk sementara tidak membeli ternak dari luar daerah, dan melapor jika ada ternak masuk untuk dikarantinakan, selanjutnya memperketat lalu – lintas ternak dari luar daerah.” Demikian dijelaskan drh. Agus Salim Kepala Bidang Peternakan di dinas Pertanian, perkebunandan perikanan Kota Subulussalam.

H Junifar, SE dari Disperindagkop dan UKM kota Subulussalam menyambut baik tentang pencegahan PKM bersama tim Polres kota Subulussalam, dalam hal pencegahan tersebut di Motori dinas pertanian, apalagi masyarakat banyak yang memelihara lembu, kambing didesa, sehingga dengan adanya pencegahan PKM ini, Lembu atau ternak kita sehat, harga lembu pun bisa meningkat harganya dan masyarakat yang mengkonsumsi terutama daging bebas dari penyakit PMK(penyakit Mulut dan Kuku). Terlihat hadir dalam kesempatan Antisipasi wabah tersebut

@Kapolres Subulussalam AKBP Mhd. Yanis, SIK
@Wakapolres Subulussalam Kompol Erwinsyah, S.Sos, M.H.
@ Kasat Reskrim Iptu Deno Wahyudi, SE, M.Si
@ Kasat Intelkam diwakili Kbo Intelkam Ipda Novrizal Sanana
@. Kasi Propam Iptu Abul Malik
@ Kanit Tipiter Sat Reskrim Ipda Zulfikar
@Kadis Pangan dan Holtikultura An. H Padal, S.Hut
@Kadis Perindagkop H. Junifar, SE
@ Kabid Peternakan An. Agus Salim
@ Kadis Kesehatan diwakili Kabid P2P An. Neli

Kepala bidang peternakan DrH Agus Salim “Mengingat semakin merebaknya kasus PMK, dinas pertanian perkebunan dan perikanan kota subulussalam, akan melaksanakan monitoring, KIE dan Pencegahan masuk nya virus PMK di subulussalam, di himbau kepada peternak untuk sementara tidak membeli ternak dari luar daerah, dan melapor jika ada ternak masuk untuk dikarantinakan, selanjutnya memperketat lalu – lintas ternak dari luar daerah.” Ungkap Kabid Peternakan Distanbunkan Kota Subulussalam menjelaskan.

Usai kegiatan Rapat di Mapolres Kota Subulussalam Kapolres Subulussalam AKBP Muhammad Yanis, SIK mengusulkan dan mengajak para SKPK untuk langsung turun ke lokasi lokasi peternakan yang ada di kecamatan Simpang Kiri dan dilanjutkan kelokasi peternakan kecamatan penanggalan serta mengecek Pos Pemeriksaan hewan yang ada dijalur lintas Aceh Sumut Kecamatan penanggalan. Dalam pengecekan kandang kandang ternak juga langsung dihadiri Kepala bidang peternakan dan dokter hewan mengecek satu persatu ternak diposisi mulut, gigi,dan Kuku pada jenis ternak Sapi yang ada dikampong Suka Makmur Kecamatan Simpang Kiri kota Subulussalam.(Ayub Bancin)

Pos terkait