Masyarakat Desa hilifaosi melaksanakan Aksi Damai menutup pembatalan Pelantikan Sekdes akhirnya Batal

Nias.Newssantikorpsi.com.

Pelantikan sekertaris desa yang terpilih pada bulan Mei tahun 2023 di desa Hilifaosi kecamatan Bawalato kabupaten Nias akhirnya dibatalkan. Selasa 27 / 06 / 2023.

Bacaan Lainnya

Dalam pelantikan tersebut turut hadir kepala desa Hilifaosi, kasi tapem, dari kecamatan Bawalato, mewakili Polsek Bawalato, Koramil / Kamtibmas Bawalato, perangkat desa Hilifaosi, BPD, LPM, Tokoh masyarakat dan sejumlah warga masyarakat desa Hilifaosi turut menyaksikan, dalam pembatalan pelantikan perangkat desa tersebut.

Pelaksanaan pelantikan ini, sesuai surat undangan dilaksanakan di kantor desa Hilifaosi, tepatnya. Namun pelaksanaannya dibatalkan oleh sejumlah warga/masyarakat Hilifaosi karena tidak sesuai dengan harapan mereka, yang mereka ketahui siapa pemenang pembobotan Awal yaitu an.Temasokhi Lase dengan nilai 72%

Namun ternyata yang dijadikan pemenang dan yang direkomendasikan oleh camat adalah an.Faobali Gulo dengan pembobotan nilai 67%. Sehingga masyarakat tidak menyetujui dan menolak keras untuk tidak diadakan pelantikan, akhirnya sejumlah masyarakat di segel kantor Desa dan membakar ban mobil didepan kantor desa Hilifaosi, Sebagai tanda keberatan dan menolak keras.

Masyarakat, desa Hilifaosi bersepakat sebelum tuntaskan masalah ini, berharap agar kantor desa Hilifaosi ditutup.

Aromoni Halawa (kasi Tapem) dari kecamatan Bawalato berharap, agar kantor desa Hilifaosi tetap dibuka sebagai mana biasanya, karena bisa terganggunya dalam hal kepengurusan administrasi masyarakat kita. “tuturnya.

Namun karena situasi kurang kondusif, Aromoni Halawa mewakili dari kantor camat Bawalato, berkehendak agar kepala desa Hilifaosi, melakukan koordinasi kepihak perangkatnya, terlebih dahulu, baik BPD serta menggundang sejumlah tokoh diDesa Hilifaosi. “Ungkapnya.

Sesuai pantauan awak media dilapangan, orasi yang dilakukan oleh masyarakat desa Hilifaosi berjalan aman dan tertib, sambil bubarkan diri masing-masing. masih ada berita selanjutnya.

(Delianus harefa)

Pos terkait