Pemerintah Kabupaten Nias Utara Melaksanakan Penutupan Acara Kegiatan Internasional Surfing Competition 2023

Nias Utara, Newssantikorupsi.com

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan penutupan acara kegiatan di Nias Utara Internasional Surfing Competition 2023 yang ditutup secara resmi Ir. Sofyan Hanafi, M. Si Direktur Penyerasian Pembangunan Sarana dan Prasarana Direktorat Kementrian Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal RI, yang di laksanakan di Pantai Turedawola Kec. Afulu Kabupaten Nias Utara. 24/06/2023

Bacaan Lainnya

Kata pembukaan yang disampaikan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, menyampaikan bahwa pelaksanaan Nias Utara Internasional Surfing Competition 2023 telah sukses dilaksanakan dan Ini merupakan tahun kedua pelaksanaan surfing di Nias Utara sejak dilaksanakan pada 2022 dengan kategori lokal dan tahun 2023 ini mendapat branding dengan kategori Internasional.

Bupati Nias Utara juga menambahkan bahwa tujuan Iven internasional Competition ini dilaksanakan agar Kab. Nias Utara semakin mendunia, dan dikenal masyarakat luas tentang potensi yang ada di Nias Utara. Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, mengharapkan dukungan kepada seluruh stakeholder agar kegiatan ini dilaksanakan sebagai agenda tahunan kedepan dengan menyampaikan rasa terimakasih kepada PSOI dan ACS atas dukungan yang luar biasa, serta berharap 2024 pelaksanaan surfing di Nias Utara akan lebih meningkat lagi.

Mewakili Forkopimda Kepulauan Nias disampaikan Sekda Kab. Nias Barat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa bahwa di kab. Nias Utara mempunyai banyak potensi wisata yang potensial untuk dikembangkan, serta mengapresiasi langkah dan terobosan Bupati dan Wakil Bupati dalam melaksanakan event international. Oleh karena itu, Sekda berharap dengan kegiatan ini akan semakin memberikan dampak kepada masyarakat terutama dalam perputaran ekonomi, seraya mengucapkan selamat kepada juara yang meraih kejuaraan Nias Utara International Surfing Competition 2023.

Dikesempatan yang sama Wakil Ketua DPRD Kab. Nias Utara Noferman Zega, SE,M.Ap menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kab. Nias Utara yang telah sukses melaksanakan kegiatan event internasional di Kab. Nias Utara. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat memberikan manfaat dan dampak selama kegiatan ini dilaksanakan, baik dari segi peningkatan perekonomian terlebih dalam memperkenalkan potensi yang dimiliki Nias Utara kepada masyarakat Luas.

Pada kesempatan itu, Ephorus BNKP dalam sambutannnya juga mengucapkan selamat kepada Pemda Nias Utara atas terobosan dalam melaksanakan event internasional dan berharap kedepan kegiatan ini akan terus berkelanjutan, dimana di Kepulauan Nias salah satu potensi yang perlu di tingkatkan adalah sektor pariwisata.

Tokoh masyarakat A. Satria Waruwu dalam sambutannya menyampaikan harapan sebagai masyarakat Nias Utara untuk dijadikan kegiatan surfing ini sebagai liding sektor dalam mengubah Nias Utara menjadi lebih baik. Untuk itu dia berharap kepada seluruh masyarakat untuk ada keterbukaan menerima perubahan demi kemajuan Kab. Nias Utara serta adanya penyesuaian diri dalam menjaga daerah terutama soal kebersihan,dan kedepan kepada seluruh stakeholeder untuk selalu barakselerasi dalam membangun secara bersama-sama kedepan.

Senada dengan itu, dalam sambutan Sekretaris Konsil Kedokteran Indonesia Direktorat Jenderal Kesehatan kementrian kesehatan RI dr. Imran Aguswardi Sp.OK dalam sambutannya menyampaikan apresiasi bahwa Nias Utara sangat potential untuk daerah wisata serta berharap kepada seluruh mitra dan stakholder untuk tetap menjaga sanitasi kesehatan, terutama dalam sektor kebersihan agar kedepan wisatawan dari luar semakin banyak berkunjung ke Nias Utara.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala BPPW Provinsi Sumatera Utara menyampaikan selamat kepada Kab. Nias Utara atas terlaksananya event international yang merupakan terobosan yang luar biasa dan menjadi peluang kedepan untuk memanfaatkan alam sebagai daerah wisata. Ia juga menyampaikan sebagai perwakilan Kementrian PUPR RI kedepan ini akan segera memulai pekerjaan di Nias Utara baik infranstruktur jalan maupun saluran air bersih di Lotu maupun di Lahewa,serta berharap semoga dengan kegiatan ini menjadi pemicu untuk bangkitnya potensi wisata di Kepulauan Nias.

Sementara itu, dalam arahan dan bimbingan sekaligus menutup secara resmi kegiatan Nias Utara Internasional Surfing Competition 2023 oleh Direktur Penyerasian Pembangunan Sarana dan Prasarana kementrian PDDT menyampaikan apresiasi atas terobosan Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara yang mencoba melangkah beberapa langkah kedepan dalam membuat terobosan dalam membangun Nias Utara, melalui berbagai program pembangunan salah satunya membuat event internasional sebagai upaya memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kab. Nias Utara.

Untuk Kementrian PDDT juga siap membantu melalui Dana Desa dan berharap Dana Desa melalui Kepala Desa dan Bumdes dapat bersinergi dalam membangun homestay di Kab. Nias Utara, maupun infranstruktur lain dalam mendukung potensi wisata di daerah masing-masing, serta berharap kedepan acara event ninternasional ini terus berlanjut sebagai agenda tahunan.

Kegiatan penutupan Nias Utara Internasional Surfing 2023 dihadiri puluhan ribu pengunjung sejak dibuka pada 20 s/d 24 Juni 2023, dengan diikuti 46 peserta dari 9 Negara. Sebagai Juara Nias Utara Internasional Surfing 2023 kategori perempuan sebagai juara I : Willow Hardy dari Australia, Juara II : Ane Dos Santos dari Brazil, Juara III :Giada Legati dari Italy dan Juara IV : Hanasuri Jabrik dari Bali sedangkan untuk kategori laki-laki sebagai juara I : Made Pajar Ariyana dari Bali, Juara II : Made Dera dari Bali, Juara III Made Joi Satriawan dari Bali dan Juara IV : Takuto Ohta dari Jepang.

Hadir pada acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara bersama Nyonya, Pimpinan dan Anggota DPRD Nias Utara, Dandim 0213/Nias, Kapolres (diwakili), Danlanal (diwakili), Sekda Nias Barat bersama Nyonya, Ephorus BNKP beserta BPHMS, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kabag, Camat, Kepala Desa, BUMN/BUMD, Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan Lainnya.”(Efori Zendrato)”

Pos terkait