Kades Hilifaosi di Duga menipulasi data palsu penjaringan dan penyaringan SEKDES

Nias. Newssantikorupsi. com.

Pelaksaan penjaringan dan penyaringan Sekretaris desa, di Desa Hilifaosi kecamatan Bawalato kabupaten Nias pada tanggal 06 juni 2023 di adakan di Kantor Desa Hilifaosi yg menghadirkan semua PemDes dan ketua BPD dan Anggota BPD dengan tokoh Masyarakat.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan penjaringan dan Penyaringan SEKDES Hilifaosi, Dua orang yg mendaftar diri bakal Calon sekretaris desa hilifaosi, yg nilai hasil atas nama saudara an. Temazisekhi Lase S.M.(72. skor)
yg nilai hasil atas nama saudara an. Faobali Gulo (67 skor) dengan mendukung Berita Acara. ketua panitia an. Torotodo Lase mengumumkan bahwa Pemenang sebagai SEKDES di Desa Hilifaosi hasil nilai tertinggi atas nama an. Temazisekhi Lase.

Kepala Desa Hilifaosi mengajukan kepada Camat Bawalato hasil regulasi penjaringan dan penyaringan SEKDES Hilifaosi atas nama an.Faobali Gulo yg hasil nilai rendah( 67.skor) tidak sesuai pengumuman dari panitia.Calon perangkat Desa di Desa Hilifaosi kecamatan Bawalato Kabupaten Nias, dengan Nomor : 02/PSCPD/Ds.HLFS/2023tertanggal 06 juni 2023. maka terus Camat Bawalato menerbitkan surat Rekomendasi resmi kepada saudara Faobali Gulo yang di anjurkan kepala Desa hasil nilai rendah 67 skor di angkat sebagai perangkat Desa dalam jabatan Sekretaris Desa Hilifaosi Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias.

Awak media sudah mengkofirmasi kepada kepala Desa Hilifaosi melalui WhatsAPP:
Saya Inzin konfirmasi pak kades. Apakah benar sudah di adakan penjaringan dan penyaringan bakal calon perangkat Desa Hilifaosi sebagai sekertaris Desa Hilifaosi kecamatan Bawalato kabupaten Nias.
Apakah benar yg Mecalon diri dua orang sebagai sekertaris Desa Hilifaosi kecamatan Bawalato kabupaten Nias.
Apakah sudah di umumkan di Desa Hilifaosi siapa yg pemenang sebagai sekertaris Desa Hilifaosi. Saya dari Media Newssantikorupsi. Com. Atas nama DELIANUS HAREFA.sudah garis biru namun tidak ada jawaban.

Awak media konfirmasi kepada Bapak Camat Bawalato melalui Whatsapp.
“Selamat siang pak Camat. Inzin konfirmasi pak, siapa nama nama yang sudah di terbitkan surat Rekomendasi resmi sebagai Sekertaris Desa Hilifaosi. 1.atas nama saudara An. Temazisekhi Lase ,S.M =72 % hasil nilai atau atas Nama saudara An. Faobali Gulo. 67% hasil nilai.
Yg sesuai pengumuman dari penitia seleksi calon perangkat Desa sebagai ( sekretaris desa) mohon penjelasan pak Camat.namun pak camat Bawalato menjawab.:
Rekomendasi yg diberikan tentunya mempedomani ketentuan yg mengatur tentang seleksi calon Perangkat Desa dan hasil konsultasi Kades, krn perangkat desa adalah unsur Pembantu Kepala Desa dalam menyelenggarakan Pemerintahan Desa. Tks. 🙏

Beberapa Media Wartawan dan LSM mendatangin di Kantor Desa Hilifaosi jam 01.20 siang tanggal 16/06/2023 yg ada di kantor Desa Hilifaosi an. Yasoma Lase sebagai Plt sekretaris desa dan an. Torotodo Lase, ketua panitia mengkonfirmasi kan bagaimana pelaksanaan penjaringan dan penyaringan Calon perangkat Desa Baru.
perkataan sebagai Plt sekretaris desa hilifaosi, pelaksanaan penjaringan dan penyaringan SEKDES Baru sudah memenuhi Aturan di DESA Hilifaosi Kecamatan Bawalato kabupaten Nias. bahwa yg nilai hasil tertinggi atas nama an. Temazisekhi Lase S.M.nilai Hasil 72 skor. sedangka hasil nilai rendah Faobali Gulo hanya 67 skor kami semua pemdes dan tokoh Masyarakat dan BPD, heran kami kok bisa di terbitkan surat Rekomendasi Bapak Camat Bawalato sama Sekretaris desa baru hanya nilai hasil 67 %.skor.
Kami memohon kepada Bapak Bupati Nias supaya menanggapi tentang pemilihan SEKDES hilifaosi Baru supaya ada berkeadilan di tengah tengah masyarakat Desa hilifaosi.pungkas plt sekretaris.

di tempat terpisah ada salah satu tokoh masyarakat Desa hilifaosi an. Balisekhi Lase mengatakan bahwa ada kekecewaan masyarakat kepada Bapak Camat dengan Kepala Desa. surat Rekomendasi itu dari Camat, itu tidak benar dari pengumuman dari panitia. kami sebagai masyarakat Desa hilifaosi keberatan dan merasa kekecewaan karna

Delianus Harefa

 

Pos terkait