TNI-AL Kawal Bank Indonesia Dalam Program Penukaran Uang di Nisel

Nias Selatan – NAK-Pihak Bank Indonesia bekerjasama dengan TNI -AL Armada Kawasan Barat menggelar program kas keliling atau penukaran uang yang rusak atau lusuh di sejumlah wilayah Terluar, Terpencil dan Terdepan termasuk di Kabupaten Nias Selatan dengan menggunakan KRI Sutedi Senoputra 378 yang di komandoi oleh Letkol Laut (P) Zulfahmi dengan 58 orang Personil.

Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian saat diwawancarai sejumlah wartawan, di Gedung DPRD Nisel usai mengikuti rapat paripurna DPRD dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan ke-16, Senin, (29/7/2019) menjelaskan, kedatangan KRI Sutedi Senoputra ke Kabupaten Nias Selatan karena adanya kerjasama anatara Pihak TNI-AL Kawasan Barat dengan pihak Bank Indonesia tentang program kas keliling atau penukaran uang rusak dan lusuh di Daerah Terluar, Terdepan dan Terpencil (3T).
“Salah satunya adalah Daerah Nias Selatan dan saat ini KRI 378 Sutedi Senoputra sudah bersandar di Pelabuhan Baru Telukdalam untuk melakukan pengamanan dalam program kas keliling melalui laut. selanjutnya, akan menuju Tello,”sebutnya.

Bacaan Lainnya

Ini juga, kata dia, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun antara TNI-AL dalam hal ini Armada Kawasan Barat dengan pihak BI.

Ia menambahkan, penukaran uang tersebut di Nisel hanya satu hari lamanya karena masih banyak lagi rute yang akan disinggahi terutama di pantai barat Sumatera. Sebelumnya, KRI Sutedi Senoputra telah menyinggahi Kabupaten Simeulue. Ia juga menghimbau masyarakat Nisel untuk menukarkan uangnya yang sudah rusak atau lusuh.
“Saya juga mendapatkan informasi dari petugas Bank Indonesia bahwa program ini termasuk salah satu antisipasi terkait pengedaran uang palsu. pihak Bank Indonesia juga ikut mensosialisasikan tentang pengedaran uang palsu ataupun uang asing agar masyarakat Nisel tidak tertipu,”pungkasnya.

Adapun rute pelayaran KRI SSA 378 dimulai dari Padang (pelabuhan Teluk Bayur) lalu ke Pulau Simeulue, Selanjutnya Teluk Dalam (Nias), Pulau Tello, Siberut utara, Siberut selatan, Sipora, Pagai utara, Pagai selatan lalu kembali ke Padang, kedatangan Kapal tersebut disambut oleh Danlanal Nias dan sejumlah unsur Forkopimda Nias Selatan.

Adapun pegawai BI yang turut hadir dalam acara tersebut yaitu : Ardi Wandi, Ari Rozano, Hendri Suwito, Aless Mertobelly Hutabarat, Tonny Frengky, Hilfan Helmi, Dede Dutira Maipul
Rifko Zulherdi, Ahmad Medianto, Julyudi Epliansyah, Ade Guntoro Setiawan
Soni Putra, Priyo Anggoman, Sophan.

(R. Gowasa)

Pos terkait