Peringati Hari Jadi Nias Selatan Ke 16, Bupati Nisel : Perubahan Adalah Kata Kunci

Nias Selatan, NAK-Peringatan hari jadi Kabupaten Nias Selatan (Nisel) ke 16 Tahun 2019 diwarnai berbagai kegiatan, diantaranya Mercin Band dari SMP Negeri 1 Telukdalam, dan Mercin Band dari SMP Swasta Bintang Laut, ditandai dengan pelepasan burung merpati dan pemotongan kue ulang tahun Kabupaten Nias Selatan yang berlangsung di lapangan Orurusa Telukdalam, Senin (29/07/2019).

Hari jadi Kabupaten Nisel ini dengan Motto”Bangun kerja sama dan kompetisi kerja menuju Nias Selatan yang semakin sukses”.

Bacaan Lainnya

Dalam Amanatnya, Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH., MH menyampaikan bahwa secara singkat penyampaian sejarah pemekaran kab. nisel telah kita saksikan bersama, dimana semangat jua para tokoh pemekaran melalui wadah Bamus Pernis yang dibentuk tanggal 12 Maret 2001 dan perjuangan tersebut berlanjut sampai puncuknya keluarnya UU no. 9 Tahun 2003 ditetapkan dan disahkan, Ucapnya!

Selaras dengan adanya demokrasi melalui otonom daerah selama 16 tahun, kita telah merasakan dan menikmati pembangunan dari kita, oleh kita dan untuk kita”. Ucap Duha!

Berbagai Kemajuan dan perkembangan modernisasi dengan cepat dan diaktualisasikan dalam setiap perkembangan, namun meski demikian masih banyak sisi kehidupan masyarakat yang perlu di tingkatkan dan dikembangkan, Tutur Duha!

Perubahan dan perkembangan adalah kata kunci yang harus dijalani setiap individu tidak saja dalam konteks peningkatan kwalitas sendiri – sendiri, juga menyangkut peningkatan kwalitas kehidupan masyarakat nisel secara lebih luas, apalagi persaingan kehidupan kedepan ditidak akan lebih ringan dibanding saat ini, terutama perkembangan ilmu pengetahuan dibidang komunilasi dan informasi telah membuat setiap individu, kelompok, bahkan masyarakat semakin berdaya dan memiliki peluang memenangkan persaingan diberbagai bidang kehidupan, Pungkas Duha!

“Setiap pemimpin diberi waktu untuk berbakti dengan bekerja keras dan bertekad membangun daerah yang tercinta ini kearah yang lebih baik dan berkeadikan”. Ujarnya

Dikatakanya, pemerintah saat ini telah berupaya meningkatkan segala aspek pembangunan dan capaianya telah kita nikmati bersama.

“Adapun bidang pembangunan yang mendapat perhatian serius Pemkab Nias Selatan diantaranya adalah sektor pertanian, sektor pariwisata, infrakstruktur dan transportasi telah menunjukkan hasil yang signifikan”. Kata Duha!

Juga dalam amanat itu, Bupati Nisel mengungkapkan bahwa pemerintahan saat ini mendapatkan opini wajar dengan pengecualian (WDP). “Hal ini merupakan pertama kali yang kita dapatkan dalam pengelolaan keuangan sejak Kabupten Nias Selatan ini terbentuk”. Jelasnya

Beberapa prestasi lain yang diraih terutama dalam bidang Pariwisata seperti Nias Pro yang diprkarsai WSL, Ya’ahowu Nias Festival (YNF), dan Sail Nias 2019 yang didukung oleh Pemerintah Pusat.

“Kegiatan ini merupakan batu loncatan dalam usaha meningkatkan level Kepariwisataan yang berujung pada kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara”. Tuturnya

Bupati Nisel berharap peringatan hari jadi Kabupaten Nias Selatan tahun ini menjadi momentum untuk melaksanakan perubahan yang akan mengantarkan kita kepulau kehidupan yang mandiri dan sejahtera.

Tak luput juga beliau mengucapkan terimakasih atas dedikasih yang telah dilakukan oleh Pemerintah sebelumnya dalam memimpin Nias Selatan.

“Saya juga mengucapkan setinggi-tingginya kepada para pendahulu yang pernah memimpin Nias Selatan, kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh wanita, tokoh pendidikan dan seluruh masyarakat Kabupaten Nias Selatan yang telah mewarnai perubahan Kabupaten Nias Selatan”. TukasnyaKetua DPRD Nisel, Sidi Adil Harita, S. Sos, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini untuk merenungi kembali sejarah serta untuk menggapai cita – cita para tokoh pemekaran nisel, dan pantas kita beri penghargaan kepada para pejuang karena sampai saat ini bisa kita menikmati hasilnya, Ucap Harita!

Dalam kesempatan ini, Sidi Adil Harita mengajak untuk membangun komunikasi yang baik dengan berbagai elemen masyarakat demi kemajuan Kabupaten Nisel yang kita cintai ini, Ajaknya!

Juga Ketua DPRD Nisel itu menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mensukseskan Sail Nias 2019, karena kegiatan ini merupakan awal kemajuan ekonomi masyarakat, Imbuhnya!

Dalam Peringatan HUT Ke-16 ini, turut hadir Bupati Nias Barat, Wakil Bupati Nias, Forkopimda Nisel tokoh masyarakat, rohaniawan, dan tamu undangan lainnya.

(R. Gowasa)

Pos terkait