Pelaksanaan Pembukaan Surfing Internasional Competition 2023 di Turedawola Beach Kecamatan Afulu Kabupaten Nias Utara

Nias Utara Newssantikorupsi.com

Pada pembukaan acara seremonial Nias Utara Internasional Surfing Competition Tahun 2023, Sekda Kab. Nias Utara dalam laporannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan event Nias Utara International Surfing Competition 2023 berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan Peraturan Daerah Kabupaten Nias Utara Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2017-2025 serta Keputusan Bupati Nias Utara Nomor : 556/160/K/Tahun 2023 Tentang Pembentukan Tim Penyelenggara Kompetisi Berselancar Nias Utara (North Nias Surfing Competition) Tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Sekda juga menyampaikan bahwa Nias Utara International Surfing Competition 2023 bertujuan untuk memperkenalkan Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Nias Utara, meningkatkan jumlah pengunjung Destinasi Wisata serta untuk menggali Potensi masyarakat dalam berselancar sehingga kedepan dapat bersaing deng peselancar dunia.

Pada kesempatan itu, mewakil Forkopimda Kepulauan Nias disampaikan Bupati Nias Ya’atulo Gulo dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kab. Nias Nias Utara atas terlaksananya event international yang merupakan bagian dari pembangunan pariwisata di Kepulaan Nias. Menurut Bupati Nias dalam penjelasannya menambahkan bahwa Kepualaun Nias memiliki salah satu keunggulan adalah bidang pariwisata, dimana seluruh pesisir Pulau Nias memiliki keindaham yang sangat eksotis, dan kegiatan Nias Utara International Surfing Competition 2023 merupakan program yang cukup luar biasa supaya kedepan dikenal seluruh masyarakat baik nasional maupun internasional, semoga kedepan daerah Nias Utara semakin membawa kemajuan yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kab. Nias Utara Sukanto Waruwu dalam sambutannya menyampaikan bahwa surfing di Nias Utara sudah lama ada, namun belum ada terobosan selama. Namun dengan inisiatif Pemerintah Daerah Nias Utara pada tahun 2022 tempat ini semakin di kenal orang dengan terobosan yang luar biasa. Ketua DPRD juga mengapresiasi dimana di Turedawóla untuk keamanan sangat luar biasa dan seluruh pengunjung memiliki rasa nyaman dan aman, serta atas nama Lembaga DPRD Nias Utara sangat mendukung dan mensuport kegiatan Nias Utara International Surfing Competition 2023 , semoga terus berkelanjutan setiap tahunnya untuk membawa kemajuan di Nias Utara.

Hal senada juga disampaikan Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat mengapresiasi atas terlaksananya event yang sangat luar biasa di Nias Utara, tentu dengan kekonsistenan Pemerintah Daerah Kab. Nias Utara dalam memajukan pariwisata kedepan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kemenparekraf RI akan terus mendukung untuk dimasukkan dalam kalender event- event tahunan kedepan. Untuk masalah pembangunan Dinas Parekraf Sumut sudah memulai untuk mendukung pembangunan di turedawóla dan di 2024 kedepan akan terus dilanjutkan sesuai master plan yang telah dibuat dengan tujuan untuk terus mendorong pembangunan demi terwujudnya destinasi wisata baru di Nias Utara.

Dikesempatan yang sama, Anggota DPRD Provinsi Sumut Drs. Edward juga menyampaikan apresiasi kepada Pemda Nias Utara, atas terobosan yang luar biasa dengan terselenggaranya event international di Kab. Nias utara. Edward Zega yang juga mantan Bupati Nias Utara kedepan akan terus memperjuangkan pembangunan-pembangunan di wilayah Kab. Nias Utara terutama destinasi wisata yang sangat luar biasa keindahannya seraya berharap semoga kedepan event ini akan terus berlanjut.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih serta mengucapkan selamat datang kepada seluruh hadirin yang mengikuti Nias Utara International Surfing Competition 2023. Bupati menyampaikan perkembangan surfing di Nias Utara yang dimulai pada tahun 2022 dengan menyelenggarakan evnt surfing competition dengan skala local. Namun untuk tahun 2023 Kab. Nias Utara melalui PSOI melaksanakan event dengan skala international.

Bupati Nias Utara juga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada masyarakat Nias Utara atas dukungan dan kerjasama yang baik mulai dari gotong royong hingga mendukung secara penuh kegiatan Nias Utara International Surfing Competition 2023, semoga dengan kegiatan ini kedepan akan membawa dampak kemajuan Kab. Nias Utara terutama dalam sector kepariwisataan.

Hadir pada kegiatan itu, Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara beserta Nyonya, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Nias Utara, Bupati Nias, Anggota DPRD Provinsi Sumut, Mantan Bupati, Mantan Wakil Bupati, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Kapolres Nias, Pabung Kodim 0213 Nias Bupati Nias Selatan (diwakili), Sekda bersama Nyonya, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kabag, Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, BUMN/BUMD dan seluruh masyarakat lainnya.

Ef Zendrato

Pos terkait