Kadis perikanan Kabu paten Nias Utara Sabar jaya Telau mbanua dapingin tiga Staf dari Dit, Jend. ( PRL-KKP )

Nias Utara Newssantikorupsi.com Kadis Perikanan Kabu paten Nias Utara Sabar jaya telaumbanua dapingin tiga Staf dari Dit, Jend. ( PRL-KKP ) Kelokasi kalol MV Aansih terdampar yakni di wilaya Desa faekhunaa Kecamatan Afulu Kabupate Nias Utara.23 Fembuari 2023

Kapal MV Aasih berbendera Negara Gabon bermuatan aspal terdampar di Nias Utara, ternyata lambung kapal ini, pecah. Aspal yang dimuat lalu mencemari sepanjang pantai di wilayah kabupaten Nias Utara dan sudah sampai 70 Km.

Bacaan Lainnya

Tim dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (Dit.jend. PRL- KKP) Amirul Ardi mengatakan tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan datang ke lokasi setelah menerima laporan bahwa ada kapal Asing yang telah terdampar di lokasi ini yang bermuatan aspal yang telah tumpah dan berserakan di sepanjang pantai ini. Tentu ini kita sudah saksikan bersama.

Kita telah berkoordinasi di berbagai pihak pemerintah dan kepada perusahaan dari kapal tersebut, kami sampaikan hari ini kita kroscek dulu di lokasi dan meminta tanggung jawab dari perusahaan kapal untuk membersihkan gumpalan aspal yang berserakan, karena sangat berpengaruh pada ekosistem di laut dan juga terganggu para nelayan.

Peristiwa ini, menyebabkan ekosistem di laut sangat terganggu dan begitu juga para nelayan di sepanjang pantai ini.

Salah seorang pelaut Sozanolo Gulo mengatakan “Sejak kejadian tersebut kami tidak bisa melaut lagi, kami berharap melalui pemerintah Kabupaten Nias Utara agar pihak perusahaan dari kapal asing ini dapat bertanggung jawab dan membersihkan semua gumpalan-gumpalan Aspal ini.

( Efori zendratô )

Pos terkait