Desa Lubuk Besar Memperingati Bulan Suro

Newssantikorupsi.com- Desa Lubuk Besar yang dipimpin seorang Kepala Desa bernama Sutiono, yang mana melaksana kan memperingati dan menyambut bulan Suroan, acara di laksanakan di lokasi posyandu Mekar Desa Lubuk Besar Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, yang setiap tahun nya di peringati sebagai kegiatan acara bersih Desa, untuk melestarikan sebagai adat budaya.

Yang mana masyarakat dari Desa Lubuk Besar adalah mayoritas dari suku Jawa, dengan mengadakan bersih bersih desa atau dengan bersih bersih lingkungan, yang di artikan sebagai dari hasil panen perkebunan milik masyarakat agar meningkat, yang dilandasi dari hati yang bersih, dalam kata masyarakat bersyukur dari pada hasil bumi, yang mana dengan merekatkan budaya persatuan dan kesatuan dari budaya yang ada, antara warga dan masyarakat itu sendiri. Sabtu, 13/08/2022.

Bacaan Lainnya

Saat Ki Joko dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, “yang mana acara ini bertujuan sebagai ucapan syukur dari masyarakat kepada sang pencipta, atas dari pada hasil panen perkebunan mereka, agar mengerti bagaimana cara manusia bisa bersyukur”.

“Agar yang mana masyarakat tidak lupa mengucap syukur, yang di kisahkan kelak kepada masyarakat melalui kisah yang di mainkan melalui wayang”, ujar Ki Joko kepada awak media.

Agenda acara selamatan atau bersih bersih desa dilaksanakan di lokasi pos yandu mekar desa lubuk besar, yang di hadiri oleh camat Datuk Lima puluh, Kapolsek Datuk Lima puluh, Babinsa, pengurus dari pujakesuma, tokoh tokoh masyarakat, pemuda/i dari Desa Lubuk Besar.

Menggunakan hiburan wayang kulit, dengan judul tema “Sri Mulih”, dengan peguyuban yang bernama Jaya Laras, dibawah pimpin oleh Ki Joko dari pematang siantar kabupaten Simalungun.

“Ada pun arti dari Sri Mulih adalah agar kembali seperti semula hasil dari panen perkebunan yang ada di Desa Lubuk Besar ini, serta di jauhkan dari musibah yang melanda”, pungkas Ki Joko. (albs70).

Pos terkait