Tingkatkan Kompetensi Ketenaga Kerjaan, Bupati Zahir Resmikan Gedung Baru BLK Batu Bara

Newssantikorupsi.com- Batu Bara, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.Ap meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Batu Bara, sekaligus membuka Tempat gedung pelatihan, yang berbasis kompetensi, yang diikuti oleh dari 64 calon tenaga kerja (Naker), di Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar, Selasa, 21/03/2023.

Bupati Batu Bara Ir, H, Zahir berharap kepada peserta, untuk dapat mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga, agar mendapatkan kemampuan atau skill sesuai bidangnya.

Bacaan Lainnya

“Untuk apa kita dapatkan sertifikat tetapi hanya pajangan, yang tidak bisa sama sekali dibuktikan dengan keahlian yang dibutuhkan,” tukas Zahir di sela-sela peresmian BLK Kabupaten Batu Bara.

Yang mana dalam acara peresmian gedung Balai Latihan Kerja (BLK) dihadiri oleh, Ketua Kadin Batubara H. OK Faizal, Ketua Umum Gemkara Batu Bara Khairul Muslim, Kadis Perikanan, Peternakan Antoni Ritonga, Kadis Kominfo Edwin Sitorus, Iqbal Ibrahim dari BPPP Medan Kementerian Tenaga Kerja.

“pasca Covid-19 banyak Naker yang menganggur, termasuk 400 Naker dari Malaysia asal Batubara. Pemulang mereka nanti ke Batubara menjadi tanggung jawab kita”, ujar Bupati Batu Bara Ir Zahir.

Karena itu, kehadiran BLK dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan Naker yang memiliki skill sesuai kebutuhan kerja di perusahaan-perusahaan maupun mampu membuka usaha secara mandiri dan diberikan modal usaha, ujar Bupati.

Menurutnya ada 64 peserta yang akan dilatih di BLK Batubara seperti bidang las, menjahit, komputer. “Ini semua harus benar-benar dilatih sehingga mahir”, kata Zahir.

Pelatihan harus melibatkan perusahaan-perusahaan, sehingga nanti dibuat MoU. Dinas Tenaga Kerja Parindag diminta melakukan komunikasi dengan perusahaan, sehingga setelah dilatih bisa ditindaklanjuti penyalurannya.

Kepada camat dan kades, agar calon Naker dapat didata, sehingga diketahui bakat yang dimiliki dan dilatih menjadi PRT, penceramah, tenaga admin, dan lain sebagainya.

Zahir mengatakan fasilitas BLK akan terus disempurnakan untuk pelatihan di berbagai bidang keahlian kerja. “Paling tidak saya sudah memenuhi janji saya dengan Gemkara untuk mendirikan BLK dalam menyiapkan Naker kita untuk bersaing di pasar kerja,” ujarnya.

Ketua Kadin Batubara H. OK Faizal mengatakan, sesuai Perpres No.68/2022, tugas Kadin ikut serta mewujudkan Naker yang kompeten, mendorong lembaga pendidikan menyiapkan tenaga kompeten dan melakukan vokasi pendidikan. Dan mendukung BLK untuk menyiapkan Naker bersertifikasi kompeten diakui BNSP sesuai kebutuhan perusahaan.

Kadis Nakerprindag Buhari Imran mengatakan, pihaknya terus menyiapkan calon Naker yang kompeten sesuai kebutuhan pasar kerja.

Tentunya kita melakukannya secara bertahap sesuai fasilitas yang dimiliki BLK sembari malakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Batubara.

Sebenarnya komunikasi dengan perusahaan-perusahaan sudah dilakukan, pada prinsipnya mereka menyambut baik namun perlu kita lakukan komunikasi secara intensif, tandasnya. (Albs70)

Pos terkait