Alokasi Dana Silva Desa Tanjung Mulya Tidak Transparan

Newssantikorupsi.com-

Anggaran Silva Dana Desa tahun 2021 sebesar Rp. 82.975.771 tertera dibaleho diduga belum direalisasikan kegiatannya.

Bacaan Lainnya

Gabungan beberapa awak media dan LSM Kabupaten Batubara,  Provinsi Sumatera utara, telah melakukan dan melayangkan surat kepada kepala Desa Tanjung Mulya, Kecamatan Air Putih, terkait dari anggaran dana desa, yang di duga tidak transparan dalam Perealisasian kegiatannya.

Pasalnya Saat awak media konfirmasi kepada sekretaris desa Tanjung Mulya, Hermanto mengatakan, “Memang bener pak, ada dari beberapa pekerjaan yang saat itu belum di kerjakan pak, entah yang mana pekerjaan itu, saya sudah lupa, namun ada  4 pekerjaan yang belum di laksanakan”.

“Kami sudah melaporkan hasil kegiatan kepada dinas inspektorat kabupaten batubara, jadi saya pun lupa apa saja dari jenis pekerjaannya”, ujar Hermanto kepada awak media.

Saat di konfirmasi dinas Inspektorat kabupaten batubara melalui Kakan Atarruddin mengatakan, “kami sudah audit dana yang ada di kas desa, kami temukan saldonya Rp 0, jadi tidak ada permasalahan di kas desa”.

Team auditor kami, memeriksa kas desa, namun tidak di ketemukan anggaran, alias kas Rp 0″, ujar Atarruddin.

Dari beberapa gabungan pers dan LSM, akan menyurati aparat penegak hukum, baik itu aparat penegak hukum , kejaksaan negeri kabupaten batubara, agar kepala desa, sekretaris desa, juga bendahara desa, dapat untuk mempertanggung jawaban laporan ke inspektorat.

Menindak lanjuti informasi tersebut, gabungan awak media dan LSM beberapa kali datang kekantor desa, namun kepala desa dan sekretaris desa tidak ditempat, namun pada Rabu (24/08/2022) mencoba menghubungi Boimin kepala desa Tanjung Mulya melalui Hp seluler, hp seluler berdering namun tidak diangkat, begitu juga dengan Hermanto Sekretaris desa Tanjung Mulya melalui hp seluler mengatakan akan menyampaikan kepada kepala desa Boimin, terkait permohonan waktu konfirmasi, namun selang sepuluh menit” Hp seluler Hermanto dihubungi sudah tidak aktif alias mati. (albs70)

Pos terkait