Momen Presiden, Selamatkan Hutan Mangrove Demi Keberlangsungan Ekosistem Pesisir

  • Whatsapp

BATAM/NEWSSANTIKORUPSI- Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, kembali mendampingi Presiden RI, Ir Joko Widodo, melakukan penanaman mangrove di Kampung Sungai Besar, Pantai Pulau Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepri, Selasa (28/9/2021).

Penanaman pohon bakau di Kawasan Hutan Lindung Tanjung Sinembah Unit II Batam ini bertujuan untuk memulihkan kondisi lingkungan setempat yang tidak lagi memiliki vegetasi hutan mangrove.

Bacaan Lainnya

Proses penanaman dilakukan Presiden bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, unsur Forkopimda Kepri serta sejumlah tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Presiden berharap, penanaman mangrove secara bersama ini akan bisa mempercepat proses rehabilitasi lingkungan, pengendalian abrasi, dan juga sebagai langkah mendukung ekowisata daerah maupun ekonomi masyarakat setempat.

Presiden menegaskan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) akan terus melakukan percepatan rehabilitasi mangrove di 32 Provinsi Indonesia.

“Rehabilitasi mangrove akan terus kita lakukan di seluruh Tanah Air. Karena hutan mangrove menyimpan carbon 4-5 kali lebih banyak dari hutan tropis daratan, sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon. Ini juga meneguhkan komitmen kita terhadap Paris Agreement dan perubahan iklim dunia,” pungkas Presiden.

Rangkaian kegiatan penanaman mangrove berlangsung aman dan lancar dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat.

Tampak hadir di lokasi, antara lain Mensesneg, Pratikno, Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Danrem 033/WP dan para PJU TNI-Polri wilayah Kepri. (Smbr Pendam I/BB/Mhmd)

Pos terkait