Kadisdik Lingga Umumkan Pelajar Kelas 9 Kabupaten Lingga Lulus 99,81 Persen

LINGGA – KEPRI. NAK – Kadisdik kabupaten lingga umumkan kelulusan pelajar kelas 9 (SMP/Mts) tahun pelajaran 2019-2020 mencapai 99,81%. Pemaparan kelulusan tersebut disampaikan berdasarkan informasi yang sebelumnya menyebutkan Disdik lingga akan umumkan kelulusan pelajar kelas 9 malam ini.

Kelulusan pelajar mencapai 99,81 persen ini ditetapkan berdasarkan hasil akhir dari jumlah peserta yang mengikuti ujian sekolah (US) yang terdata sebanyak 1601 pelajar kelas 9 se-kabupaten lingga,” ucap Drs. Junaidi Adjam selaku Kepala dinas pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Lingga, Jum’at 05 Juni 2020 melalui pesan rilis WhatsAppnya kepada wartawan sekira pukul 21.45 wib.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, dari jumlah 1601 pelajar yang dinyatakan lulus hanya sebanyak 1598 pelajar. Dan ada tiga (3) orang pelajar sekolah menengah pertama (SMP) yang dinyatakan gugur (tidak lulus) ditahun ajaran 2019-2020 ini. Keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan dari satuan pendidikan adalah faktor absensi dan mata pelajaran kurang dari 90% dari jam efektif tatap muka, lanjutnya.

Kata Junaidi Adjam, Selain faktor absensi dan mata pelajaran kurang dari 90 persen dari jam efektif tatap muka. Ke-3 pelajar tersebut sering melakukan pelanggaran tata tertib dan disiplin sekolah dengan mekanisme pemberian nasehat, pemberian sanksi dan pemanggilan orang tua.

Proses kelulusan tahun ini ditentukan penilaian berdasarkan berbagai faktor juga diantaranya, Penilaian dari semester 1 sampai dengan semester 5. Ditambah hasil nilai semester 6 dan Ujian Sekolah. Selain itu penilaian disiplin dan prilaku siswa dalam pendidikan karakter juga menjadi bobot kelulusan. Mengingat Satuan Pendidikan mempunyai kewenangan penuh dalam menentukan kelulusan siswa setelah mendapatkn pertimbangan dan hasil rapat dewan majelis guru. Pungkas Junaidi Adjam.

(Mhmd)

Pos terkait