Menjelang Acara Sail Nias 2019, Dirjend Kemendes Paparkan Jadwal Puncak Acara

Nias Selatan, NAK-Dalam Rangka Pemantapan acara Sail Nias 2019 yang dipusatkan di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) bulan september 2019 mendatang, Panitia Pusat Sail Nias 2019 menggelar pertemuan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai tuan rumah pelaksanaan sail nias yang dilaksanakan diaula kantor Bupati Nisel, Jalan Arah Sorake Km. 5 Teluk dalam, Selasa (23/7/2019).

Dalam Acara itu dihadiri oleh Dirjend Kemendes RI Taufik, Kepala Biro Perencanaan Kemenkumham Iwan Setiawan, Asisten Deputi Kemenko Maritim Kosmas Harefa, Plt. Sekda Nisel Ir. Ikhtiar Duha, MM, Ketua DPRD Nisel Sidi Adil Harita, S. Sos, MA, Mewakili Kapolres Nisel, Kabag Ops. Kompol M. Luther Dachi, Palaksa Lanal Nias Mayor Laut (T) Ruruh Prasetya, Para Asisten Setda Nisel, Staf Ahli, Kadis Pendidikan Nisel Nurhayati Telaumbanua, S. Pd, MM, Kadis Kominfo Deri Dohude, S. Ag, MM, Kadis PMD Albert Duha, SP, Kaban BKD Anarota Ndruru, SP, Kadishub Drs. Fa’atulo Gulo, Kadis Ketahanan Pangan Erman Jaya, Buulolo, S. SP, dan sejumlah kepala OPD lainnya, Para Camat, Danramil 11/ Gomo.

Bacaan Lainnya

Bupati Nias Selatan melalui Plt. Sekda Nisel, Ir. Ikhtiar Duha, MM mengucapkan terima kasih atas kedatangan panitia Pusat Sail Nias 2019 yang membidangi penanggung jawab puncak acara sail nias 2019, Ucap Duha!Kami sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan sail nias dikabupaten nisel, juga telah membentuk Panitia lokal untuk mengantisipasi apabila ada evaluasi yang sifatnya dilaksanakan didaerah guna menindaklanjutinnya, Pungkasnya!

Ikhtiar Duha berharap agar seluruh peserta rapat bisa mengikuti acara ini dengan baik guna menyukseskan Sail Nias 2019, harap Sekda!

Dirjend Kemendes RI Taufik dalam paparannya mengatakan bahwa pihaknya datang di Kabupaten Nias Selatan untuk menindaklanjuti hasil rapat koordinasi dengan panitia pusat yang berlangsung senin yang lalu, sebagai koordinator penanggung jawab acara puncak Sail Nias 2019 disini kami paparkan jadwal pelaksanaan Sail Nias ini, tentu perlu dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Nisel sebagai tuan rumah pelaksanaan acara ini, Tutur Taufik!

Kita masih punya waktu untuk memantapkan acara sail nias ini yang akan dilaksanakan bulan september mendatang, Sail Nias ini untuk kita bersama, untuk itu kami berharap agar seluruh elemen masyarakat bisa kita sukseskan bersama, Harapnya!

Untuk sementara Data yang diperoleh Media ini tentang rangakaian puncak acara Sail Nias 2019, yaitu Demo Parmotor dari TNI – AU, Tari Fataelusa 38 orang dan paduan suara sebanyak 100 orang dari Dinas Pariwisata Nisel sebagai penampilan acara, Tari Fadouhia dari Pemda Nisel sebagai pengiring kedatangan Presiden RI, dan sambutan Gubernur dan Panitia.

Lebih lanjut, Arahan Presiden RI sekaligus peresmian Sail Nias 2019 dengan pemukulan alat musik gondra, Flying Pass Pesawat Tempur sebanyak 9 Pesawat dari TNI -AU bersamaan peresmian Sail Nias 2019, Tari Perang Kolosal dan tari lompat batu sebanyak 600 orang yang disediakan pemda nisel bersama kementerian pendidikan dan kebudayaan RI.

serta Demo Sailing Pass dan 1 unit Kapal Perang dari TNI-AL, 1 unit Kapal Latih Pelni Kemenhub RI di ikuti parade 30 Kapal Nelayan Aero Modeling serta diakhiri dengan terjun payung sebanyak 30 orang dari Denjaka Marinir TNI – AL dan Paskhas TNI-AU, Acara selesai dilanjutkan kunjungan Presiden RI kelokasi pameran nias expo, kemudian menuju Pantai Sorake untuk menyaksikan final surfing internasional dan diakhiri kunjungan kedesa Bawomaetaluo sebagai Destinasi Lompat Batu.

(R. Gowasa)

Pos terkait