Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Busana Adat Nusantara

TEGAL. NAK – Seluruh peserta upacara Hari Sumpah Pemuda tingkat Kota Tegal mengenakan busana adat se-nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

Hal tersebut terlihat saat Pemerintah Kota Tegal menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 di Jl. Pancasila Kota Tegal, Jum’at (28/10) pagi.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Tegal selaku inspektur upacara yang mengenakan busana adat Palembang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Dalam sembutan tersebut, Menpora menyampaikan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya bangsa Indonesia menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

‘’Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan indonesia. Peran pemuda terlah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,’’ ujar Wali Kota saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Dalam sambutan tersebut, Menpora juga menyampaikan rasa syukur melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan.

‘’Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, bermula dari titik nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,’’ paparnya.

Sedangakan Wali Kota Tegal dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan selamat atas diraihnya kembali mendali emas oleh atlit kebanggan Kota Tegal, Atifa Fismawati.

‘’Atifa kembali menorehkan prestasi internasional pada kejuaraan 6th Senior Pencak Silat Championship 2022 di India yang digelar pada 11-17 oktober 2022. Sebelumnya Atifa juga telah berhasil menyabet medali emas di ajang world Champions Pencak Silat 2022 di Malaysia. Prestasi juga diraih Marcelino Michael yang mendapatkan Mendali Emas Pertama Kota Tegal dalam kelas F12 Atletik Lempar Cakram Di Kejurprov National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) Jawa Tengah 2022 di Solo, 25-27 Oktober 2022. Marcelino sebelumnya meraih emas di nomor tolak peluru f12 Atau Low Vision Di Asean Para Games 2022 di Solo pada Agustus lalu,’’ ujar Dedy Yon.

Wali Kota ,menambahkan bahwa mendali emas tersebut menjadi kado peringatan hari sumpah pemuda yang kita peringati hari ini. Apa yang dilakukan Atifa dan Marcelino.

‘’Saya harap menjadi pelecut bagi segenap pemuda dan pemudi Kota Tegal untuk terus berprestasi setinggi-tingginya. Bukan cuma di cabang olah raga, namun prestasi lainnya yang membanggakan Kota Tegal dan Bangsa Indonesia. Mari kita bersama bersatu membangun bangsa Indonesia,’’ tambah Dedy.

(Firda)

Pos terkait