Ikut Lomba Siskamling Tingkat Polda Desa Dukuhdamu Wakili Kabupaten Tegal

Tegal – Jateng ( newssantikorupsi.com ) – Merupakan kehormatan tersendiri bagi Desa Dukuhdamu Kecamatan Lebaksiu karena ditunjuk Oleh Polres Tegal mewakili Kabupaten Tegal Ikut dalam lomba Siskamling di tingkat Polda.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Desa Subehi Imamudin, saat ditemui di ruang tugasnya, bahwa berawal dari adanya kegiatan rutin di desanya yaitu siskamling yang berjalan di masa Pendemi Covid -19 hingga sekarang program tersebut di masyarakat masih berjalan dengan baik dan lancar.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dengan kegiatan rutin siskamling itulah maka Desa Dukuhdamu dipilih untuk mengikuti lomba Siskamling di tingkat Polda. Dan saat ini di desanya sudah ada 6 Pos ronda atau pos jaga yang digunakan masyarakat sebagai base camp untuk melakukan rutinitas. Dan di tiap Pos ronda sudah dilengkapi dengan peralatan guna mengamankan untuk mengantisipasi tindakan yang tak di inginkan, seperti adanya keributan atau kericuhan yang mengarah pada anarkis,” ungkap Kepala Desa.

Lebih lanjut Kades yang akrab disapa Imam ini mengatakan, bahwa orientasi kami mengadakan Siskamling adalah menjaga keamanan dan ketertiban di desa. Oleh karenanya dengan di pilih ikut untuk lomba Siskamling maka ada kebanggaan tersendiri dan ini adalah amanah yang harus dijalankan. Oleh karenanya hal yang harus dipersiapkan yaitu dengan melakukan pengecekan perlengkapan peralatan di tiap Pos jaga, selain itu dengan melakukan pelatihan bagaimana cara penanganan ketika ada tindakan kericuhan ketika dalam bertugas Siskamling. Hal ini tentunya melibatkan kerjasama dengan Polsek dan Danramil. ” Harapan kami, mudah mudahan bisa meraih Juara, sehingga dapat membawa nama baik Kabupaten Tegal, ” tuturnya.

( Suseno Adji )

Pos terkait