Diduga Proyek Siluman di Desa Simpang Gambus, Plank Proyek Belum Terpasang

Newssantikorupsi.com- Pembangunan Saluran Air di Sepanjang Jalan dusun enam Desa simpang gambus Kecamatan limapuluh , Kabupaten Batu bara, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu 12/3/2022.

Pasalnya, pekerjaan yang sudah berjalan hampir enam hari ini tanpa papan nama proyek.

Bacaan Lainnya

Hal itu kemudian mendapatkan sorotan dari salah satu aktifis Batu bara Kabid pembangunan Lembaga Ruang Keadilan Rakyat Indonesia (LRKRI) yang Akrap disapa Robert Simanjuntak bahwa proyek yang dibangun pemerintah dinilai proyek Siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyeknya saat melaksankan kegiatan proyek.

“ Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk mengelabui masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya ”, tegasnya.

Semestinya pihak pemborong atau kontraktor harusnya memberikan surat pemberitahuan kepada pihak pemerintah Desa.

Saat dari awak media menghubungi Kepala Desa Simpang Gambus via WhatsApp nya mengatakan, ” itu dari ABRI masuk desa bg, tanyakan sama Babinsa nya, Babinsa ada tuh di warung sebelah kantor desa, tentang pagu nya, pihak dari desa tidak mengetahuinya “.

” Yang lebih faham yang datang kekantor desa adalah ketua mpc PP kab batu bara “. Ujar Kades Simpang Gambus kepada awak media.

Menurutnya, sesuai amanah dari Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008 dan perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai Negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan tersebut, lokasi proyek nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaannya tersebut.

“ Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparasi,sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan ”, tegas Robert Simanjuntak kepada awak media, Jumat, 11/3/2022.

Menurut salah satu Pekerja bangunan saat diwawancarai para awak Media mengatakan,” Saya tidak tau pekerjaan dari mana, dan mengenai anggarannya berpariasi, kami hanya cuma menjalankan pekerjaan saja, mengenai panjang nya masih kontra versi bang ”, terang nya.

Hingga berita ini diturunkan, belum juga ada papan nama proyek dari pihak kontraktor, dan tidak diketahui siapa dari pelaksana pekerjaan tersebut. (albs70).

Pos terkait