Camat Rundeng Arahkan Kepala Desa Membudidayakan Talas Ungu (keladi)

Subulussalam-Rundeng. NAK – Irwan Faisal Arahkan Kepala Desa se Kecamatan Rundeng untuk membudidayakan talas unggu (Keladi) untuk tambahan pemasukan dan ketahanan pangan seperti apa yang diinstruksikan Peresiden ke Panglima TNI,Jum’at 05 juni 2020,

Camat Rundeng berharap untuk tahun ini Kepala Desa sekecamatan Rundeng supaya bisa anggarkan bibit talas unggu ini dari dana ADD kepada masyarat yang memang betul betul petani dan mau untuk tanam talas unggu ini.

Bacaan Lainnya

Jum’at siang tadi, Irwan Faisal mengajak Kepala Desa kelapangan tepatnya di Desa Panglima Sahman yang sudah bercocok tanam Talas unggu seluas 3 Hektar. Pada kesempatan ini Irwan Faisal meminta kepada Pak Siragih selaku pengguna lahan/petani talas unggu untuk berdiskusi tentang tata cara berbudidaya talas unggu (Keladi) karna sebelumnya pak Siragih sudah parnah paneh dan hasilnya memuaskan.

Dalam pertemuan itu Seragih sebagai pelaku usah talas unggu dengan senang hati untuk peraktekkan bagaimana tata cara tanam talas supaya membuahkan hasil yang banyak dan memuaskan.

“Tata Cara menanam talas
dalam penanaman batang/bibit talas berfariasi, dapat ditanam dengan kedalaman 30cm dengan jarak antara 50×100 cm.
Penanamannya sangat sederhana dengan menggali tanah dengan kedalaman 30cm kemudian bibit dimasukkan kedalam tanah galian tanpa ditimbun kembali dengan tanah, dan setelah talas berusia 2-3 bulan baru kemudian diberi pupuk hanya garam kasar saja,dan pemberisahan lahan selama tanam sampai menjelang panen hanya dua kali saja sampai siap panen”.ujarnya

Beliau juga menyampaikan bahwa di Daerah Kecamatan Rundeng ini adalah Daerah yang sangat Potensial dalam Budidaya Tanaman Talas tersebut karena hasilnya sangat memuaskan ungkapnya.

seragih juga mengatakan apa bila ada yang mau bercocok tanam talas (Keladi) jangan takut tidak laku,apabila nanti sudah ada yang panen langsung saja menghubungi beliau, karena beliau siap membawakan pembelinya langsung kelapangan.

(Mhr)

Pos terkait