Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Gelar Forum Sosialisasi Nelayan Go – Online Dinisel

Nias Selatan, NAK-Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar Sosialisasi Nelayan Go – Online kepada ratusan Nelayan yang dilaksanakan dihalaman Kantor UPP Kelas – III Teluk dalam, Jalan Imam Komp. Pelabuhan Baru, Rabu (4/9/2019)

Kegiatan Forum Sosialisasi Nelayan Go – Online tersebut turut hadir Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH., MH, Wakil Bupati Nisel Sozanolo Ndruru, Kadis Kominfo yang diwakili oleh Sekdin, Hans Martin Wau, Camat Teluk dalam Dionisius Wau dan sejumlah pejabat dari Kemkominfo RI.Dalam sambutannya, Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH., MH mengatakan bahwa masyarakat nias selatan pada umumnya adalah petani dan nelayan, dan nelayan disini bila dilihat dari segi keadaan alam sering terjadi angin, dan itu tidak bisa diperkirakan, sehingga kami masyarakat nisel sangat berterima kasih dengan adanya sosialisasi Aplikasi Go – Online bagi para nelayan dari Kementerian Kominfo RI, ucap Duha!

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan bahwa dengan adanya sosialisasi aplikasi online ini bisa bermanfaat bagi kita semua nantinya, dan ini akan dijelaskan nanti oleh narasumber manfaat Aplikasi Online tersebut, Pungkas Bupati!

Lebih lanjut, Orang nomor satu di jajaran Pemkab. Nisel itu menyampaikan bahwa Nelayan dinisel kadang menangkap ikan, namun tempat penyimpanannya tidak ada, mudah – mudahan pada saat Menteri KKP RI datang, kami akan memohon satu saja masalah Controling, karena masalah listrik tidak jadi persoalan lagi disini, hanya saja dalam pembenahan, Tutur Duha!

Bupati berharap agar agar peserta sosialisasi ini bisa mengikuti dengan baik, karena aplikasi ini sangat penting bagi kita semua dan apabila kurang dimengerti bisa nanti ditanya kembali, karena saat ini serba kemajuan dan harus kita ikuti, Pinta Duha!

Direktur IKPM Kemkominfo RI Septriana Tangkari, SE., MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jumlah Nelayan di Kab. Nisel ada 4 ribu lebih sesuai yang disampaikan oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Nisel, dan dalam kesempatan ini beruntung yang hadir dalam sosialisasi aplikasi Online ini, Ucapnya!

Ia mengatakan bahwa Sebenarnya Program tersebut telah berjalan sejak 2016 yang lalu, dan kami berterima kasih kepada Pemkab. Nisel bisa hadir melalui program Sail Nias 2019, Tuturnya!

Dalam kesempatan itu, Septriana berharap dengan adanya aplikasi online nelayan tersebut, para nelayan bisa mengetahui arah mata angin, masalah ombak bisa diketahui, juga biasanya para nelayan pada bulan terang tidak bisa melaut, tapi dengan adanya aplikasi ini, para nelayan terbantu untuk mengetahui masalah ancaman, bahkan bisa diketahui lumbung – lumbung ikan yang banyak, Pintanya!

Nias Selatan sangat beruntung dengan adanya Sail Nias ini, dimana segala aktifitas bisa terbangun, mulai infrastruktur jalan, listrik, bahkan telkomsel dibangun, Tandasnya!

Dalam acara tersebut, narasumbernya yaitu : Septriana Tangkari, SE., MM, (Direktur IKPM Kemkominfo RI), Kuttria Ramona Dewi (Business Development Aruna Indonesia) dan Seksama Sarumaha,S.IP (Kadis Kelautan dan Perikanan) Nisel.

(R. Gowasa)

Pos terkait