Lahir Hari Guru Nasional Bertepatan Dengan Hari Ulang Tahun PGRI ” Tutwuri Handayani “

  • Whatsapp

NEWSSANTIKORUPSI-Untuk diketahui, Hari Guru Nasional (HGN) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) yaitu setiap 25 November. PGRI sendiri lahir pada 25 November 1945, ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, dan pada hari yang sama ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional, Kamis, 25/11/2021.

Hari Guru Nasional 2021 memiliki logo sebagai salah satu simbol peringatan momentum tersebut, yang berbentuk hati dengan elemen warna-warni, dalam logo tersebut juga terdapat tulisan ” Hari Guru Nasional 2021 “. Hari Guru Nasional sendiri diperingati untuk mengingat jasa para guru, Hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Bacaan Lainnya

PGRI sendiri merupakan organisasi profesi untuk para guru. Saat masih bernama Persatuan Guru Indonesia (PGI), organisasi ini sempat ditutup di masa pendudukan Jepang. Namun, para guru kembali bangkit setelah Indonesia merdeka. Kebangkitan ini ditandai dengan gelaran Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945, dan saat itu-lah PGRI didirikan.

Peringatan Hari Guru Nasional sendiri ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 78 Tahun 1994, yang kala itu masih berada di bawah kepemimpinan Presiden RI ke-2, Soeharto.

Guru dinilai memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Hari Guru diperingati sebagai bentuk penghormatan bagi para guru, sosok guru memiliki peran penting bagi anak-anak didiknya, guru didalam seginya menjadi sosok teladan dan figur orang tua di luar rumah.

Selamat Hari Guru!, Kebijaksanaan, dedikasi, dan kebaikan guru akan selalu mengajarkan, mendidik kita ke jalan era globalisasi, yang benar dan menginspirasi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik serta tangguh, orang tua memberikan kita kehidupan, guru mengajari kita bagaimana cara menjalaninya,

Guru adalah alasan mengapa siswa bisa bermimpi melakukan hal-hal yang luar biasa, dapat menggapai cita cita hidup, guru memberi kita alasan untuk bermimpi, berusaha untuk mencapainya, karena telah menjadi pemandu penuntun untuk mengajarkan banyak hal pelajaran dalam hidup, yang membantu memikirkan akan masa depan yang berpotensi gemilang, dengan semboyan, “satu buku, satu pena, satu anak, dan satu guru dapat mengubah dunia”.

Guru ibarat lilin. Dia menghabiskan dirinya sendiri untuk menerangi jalan bagi orang lain, menginspirasi, menunjukan mengajarkan serta menjelaskan akan pendidikan, ” Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani “.

Menyajikan nyanyikan Hymne Guru untuk peringatan Hari Guru Nasional 2021. Lagu yang diciptakan untuk menghargai dalam perjuangan guru untuk menjalankan fungsi tugas tugas serta kewajiban. Lagu Hymne Guru yang telah di tetapkan menjadi lagu wajib yang dinyanyikan saat peringatan Hari Guru Nasional pada 25 November, Lagu Hymne Guru diciptakan oleh Sartono pada tahun 1980-an.

” Ia adalah mantan guru yayasan swasta di Kota Madiun, Jawa Timur. Menyanyikan Hymne guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa “, tutup Al Hadid pengajar SD IT Darul Abror (albs70).

Pos terkait