Puluhan Rumah Diterjang Puting Beliung Dua Kecamatan di Batu Bara dan Asahan

  • Whatsapp

Batu Bara, newssantikorupasi.com- Batu Bara, Puluhan rumah diterjang puting beliung di dua kecamatan yakni Kecamatan Seibalai dan Datuk Tanah Datar dan Daerah Asahan yang mengakibatkan dahan dahan pohon berjatuhan di pinggir jalan, sepanjang jalan taman kota sampai ke jalan pabrik benang Asahan, yang dampak angin kencang serta hujan deras, Kamis 22/07/2021, sekitar pukul 15.30Wib petang.

 

Bacaan Lainnya

Yang banyak rusak dampak dari angin puting beliung adalah di Desa Perkebunan Sei Balai Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara.

Saat di kontak melalui via seluler dari salah seorang warga yang bernama panggilan Jonet selaku bendahara ranting IPK menjelaskan, ” kami telah mengalami musibah yang dampak dari angin puting beliung, ada beberapa rumah yang rusak berat, dan juga pohon pohon pada tumbang “.

” Kami selaku anggota Ikatan Pemuda Karya dari pengurusan ranting salam l, bersama menyumbangkan tenaga, untuk akan membantu membersihkan jalan jalan yang dampak dari musibah ini, bersama perangkat desa dan instansi lain nya “, ujar jonet.

Plt Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara Sakban saat di kompirmasi melalui via telpon seluler nya, oleh awak media membenarkan, ” adanya kerusakan, puluhan rumah warga habis atap rumahnya akibat diterjang angin kencang serta hujan deras “.

“ Ketika mendengar informasi ada korban angin puting beliung dan puluhan rumah yang hancur, petugas BPBD langsung turun kelokasi, dan berkoordinasi dengan kepala desa setempat, untuk mendata jumlah rumah yang menjadi korban angin puting beliung ”, sebutnya kepada awak media.

” Alhamdulillah atas kejadian ini tidak ada korban jiwa, jumlah kerugian materil masih dalam penghitungan, diperkirakan mencapai ratusan juta lebih,” jelas plt Kadis BPBD

Saat di data, Adapun rumah yang didata akibat puting beliung yakni 6 Desa, seperti Desa Perk Sei Balai 20 unit rumah, DesaBenteng Jaya 19 Unit rumah. Desa Durian 4 unit rumah. Desa Bangun Sari 5 unit rumah. Desa Tanah Timbul 1 unit rumah. Desa Sei Balai 1 unit rumah.

Dari bencana tersebut team BPBD melakukan pengecekan, dan evakuasi bahan material langsung ke lapangan bersama dinas Perkim, untuk membantu menginventarisir dampak serta kerusakan sarana prasarana yang di akibatkan angin puting beliung.

“ Selain itu dinas memberikan himbauan kepada warga harus lebih waspada. Untuk sementara korban angin puting beliung menumpang di rumah keluarga dan tetangga, dan malam ini juga BPBD akan mendirikan tenda pengungsi sementara “, jelasnya.

(albs70)

Pos terkait