Sanitasi Air Bersih Berbasis Masyarakat Desa Bumiharja Berjalan Baik

  • Whatsapp

LAMPUNG. Newsantikorupsi.com — Program Penyediaan Air ikMinum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan nasional (Pemerintah dan Pemerintah Daerah) untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Program Pamsimas, telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran kota yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat di sekitar 12.000 desa yang tersebar di 233 kabupaten/kota

Bacaan Lainnya

 

“Salah satu nya Desa Bumihraja Kecamatan Agbung Surakarta Kab.Lampung Utara Propinsi Lampung, iyalah satu dari Sekian puluh desa yang mendapat kan Program Sanitasi Air bersih Masyarakat. Program bantuan langsung dari Pusad Alokasi Khusus DAK tahun 2021.”Ungkap Desma selalu Kordinator

Ditahun ini ada beberapa desa di Kabupaten Lampung Utara,yang mendapat kan Program PAMSIMAS, Sanitasi Air bersih berbasis Masyarakat,”Kata dia, ia menambah kan

Salah satu nya Desa Bumiharja, ditahun 2021 ada beberapa Desa yg yang mendapat program tersebut, iyalah program Prioritas guna percepatan pembangunan Didesa Kami dan tentu nya desa-desa lain juga,”Kata Desma saat dikomfirmasi media ini.

“Senada yang di jelas kan Desma, Dedi Apriadi,selaku Satlak, Pasti nya amat sangat, membantu Ucap nya, karena memang program ini sangat lah berman faat, yang pasti nya program Kuhsus Prioritas guna percepatan pembangunan jangka Menengah.

Lanjut nya. “Desa Bumiharja juga hadir dan di udang diacara Sosialisasi serta Pembinaan program tersebut. ilaksamakan di bulan lalu , bertempat diaula kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DPKP Lamura. Banyak desa-desa yang mendapat kan Program tersebut, dan tentu nya kami Desa Bumiharja, tentu nya dalam Tehknis pengerjaan harus sesuai bestek,dan RAB. “Ucap dia, ia juga akan beripaya menerap kan apa yang ada dalam program PAMSIMAS Sanitasi Air bersih berbasis Masyarakat,”Pungkas Dedi Apriadi, SATLAK..

Pemerintah Indonesia memiliki komitmen untuk melanjutkan keberhasilan capaian target Millennium Development Goals sektor Air Minum dan Sanitasi (WSS-MDG), yang telah berhasil menurunkan separuh dari proporsi penduduk yang belum mempunyai akses air minum dan sanitasi dasar pada Tahun 2015.

Sejalan dengan itu, di Tahun 2014, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional [RPJMN] 2015-2019, Pemerintah Indonesia telah mengambil inisiatif untuk melanjutkan komitmennya dengan meluncurkan program nasional Akses Universal Air Mi num dan Sanitasi Tahun 2019dengan capaian target 100% akses air minum dan sanitasi bagi seluruh penduduk Indonesia.

(Yudi)

 

Pos terkait