Pemkab. Nisel Launching Pembelajaran Mulok Pada Hari Guru Nasional

  • Whatsapp

NiSel, NAK-Seusai Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Guru Nasional (HGN) dan PGRI ke – 74 tahun di Kabupaten Nisel 2019, Pemkab. Nisel Gelar Launching Pembelajaran Muatan Lokal (Mulok) dan Batik khas nisel.

Launching tersebut dilaksanakan dilapangan Orurusa Teluk dalam, Senin (25/11/2019).

Muat Lebih

Kepala Dinas Pendidikan Nisel, Nurhayati Telaumbanua, S. Pd, MM mengucapkan apresiasi kepada pemerintah nisel yang telah memperhatikan dan responsif terhadap permasalahan guru, serta dalam peluncuran perbup muatan lokal melalui gerakan kasih, Hal itu disampaikan Kadis Pendidikan melalui sambutannya sebagai Ketua PGRI nisel!

Selain itu juga, pada kegiatan ini turut dilaunching baju batik seragam sekolah dan batik seragam guru khas Nias Selatan, Tutur Kadis!

Pembelajaran muatan lokal tersebut yakni, Bahasa Daerah Nias Selatan, Permainan Rakyat, Keseragaman pemakaian baju batik corak Nisel mulai dari siswa hingga guru dan pembelajaran membuat anyaman lokal bola-bola nafo (tempat sirih), hal ini disampaikan Kadispend. nisel saat konferensi pers di Media Center DPRD nisel belum lama ini!

Kepala Dinas Pendidikan Nias Selatan, Nurhayati Telaumbanua, yang juga sebagai Ketua PGRI Nias Selatan mengatakan penerapan mata pelajaran muatan lokal Budaya Nias Selatan ini akan dilakukan pada tahun ajaran baru.

“Bila semua regulasi kurikulumnya sudah selesai, maka pada tahun ajaran baru nanti kita akan terapkan. Kan tahun ajaran barunya pada Juli 2019, jadi masih panjang waktunya,” Ungkap Nurhayati Telaumbanua.

Pada peringatan hari Guru Nasional dan HUT PGRI ini, selain launching juga dilakukan beberapa rangkaian lainnya seperti pemberian penghargaan kepada sekolah yang inovatif dan pemberian penghargaan kepada koordinator kecamatan dan beberapa rangkaian kegiatan lainnya.

Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH mengatakan bahwa penerapan budaya Nias Selatan pada mata pelajaran muatan lokal sebagai penguatan bagi siswa untuk selalu mengenang budayanya.

“Budaya ini perlu dipertahankan, apalagi budaya kita Nias Selatan memiliki ke khasan tersendiri dan rasa memiliki,” Ujar Duha.

Pantauan Wartawan Media ini dilapangan, Kadis Pendidikan Nisel, Nurhayati Telaumbanua menyerahkan Buku Paket Mulok kepada Bupati Nias Selatan.

Juga dalam acara tersebut, Pemkab. Nisel menyerahkan Penghargaan Inovatif Sekolah Versi Peringatan HUT PGRI Ke-74 Dan Hari Guru Nasional 2019, kepada SMA 1 Negeri Hilisalawa’ahe, SMK 2 Sidua’ori, SMK Swasta BNKP Telukdalam, SMP Negeri 1 Telukdalam, SMP Hilimegai dan SD Negeri Bawodobara oleh Bupati Nias Selatan

Selanjutnya, penyerahan Penghargaan Inovatif Koordinator Wilayah Kecamatan Mazino, Koordinator Wilayah Kecamatan Fanayama dan Koordinator Wilayah Kecamatan Lolomatua oleh Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta, S.I.K

Peserta Olympiade SAINS Nasional SMP Tingkat Provinsi 2019, Bidang Matematika – SMP Negeri 1 Telukdalam, Bidang IPS – SMP Negeri 1 Telukdalam dan Bidang IPA – SMP Swasta Bintang Laut.

Peserta Olympiade SAIN Nasional SD Tingkat Provinsi 2019 kepada SD Swasta Bintang Laut, SD Swasta Harapan Nias dan SD Negeri No. 074071 Bawodobara.
Peserta FLS2N SMP Tingkat Provinsi 2019 untuk Kategori Vocal Solo diraih SMP Negeri 1 Telukdalam, kategori Tari Kreasi diraih SMP Swasta Bintang Laut dan Kategori Gitar Duet diraih SMP Swasta Bintang Laut.

Peserta FLS2N SD Tingkat Provinsi 2019 diraih SD Negeri No. 071122 Telukdalam dan SD Swasta Bintang Laut.

Dan penyerahan Trophy Lomba Paduan Suara Mars PGRI Kepada SMA Telukdalam sebagai juara I (satu) dan SMA Fanayama oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH.

(Riswan Gowasa)

Pos terkait