Bursa Inovasi Desa Kecamatan Sirombu Di Hadri Bupati Kab.Nias barat Sumut

Nias Barat, NAK – pada hari senin 14 Oktober 2019, Bupati Nias Barat FADUHUSI DAELY, S.Pd hadiri sekaligus buka secara resmi acara Bursa Inovasi Desa Kecamatan Sirombu bertempat Aula Kantor Camat Sirombu Kab. Nias Barat.

Dalam laporan Camat Sirombu Rosevelt Hia, S.Pd.,MM menjelaskan bahwa Program Bursa Inovasi Desa bertujuan untuk mendorong desa agar lebih kreatif dalam berinovasi membangun desa dalam membangun potensi lokal desa, demi kesejahteraan masyarakat desa, mendorong pemanfaatan Dana Desa lebih berkualitas lagi sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dalam mengembangkan potensi yang ada di Desa setempat, papar Rosevelt Hia.

Bacaan Lainnya

Arahan dan bimbingan Bupati Nias Barat sembari
sejenak merefleksikan kilas balik kehidupan masyarakat Nias setelah tahun 60-an terjadi kelaparan hebat di Pulau Nias menyusul moneter 1998. Artinya bahwa kita bersyukur Pemerintah berupaya memulihkan kondisi ini melalui luncuran Dana Pembangunan Desa yang kita kenal hari ini Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Lebihlanjut Bupati sampaikan “program Inovasi Desa artinya harus lahirkan kreatifitas yang inovatif melalui pengembangan potensi yang ada guna mengoptimalisasikan pemakaian dana desa, kembali pemerintah lewat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggulirkan Program Inovasi Desa (PID).

Program ini telah dilaksanakan sejak 2017 di bawah naungan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD)”, jelas Bupati.

Program ini hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa.Dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa, diharapkan mampu memantik kreatifitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki, tutur Bupati.

Acara ini dirangkai dengan penyerahan hadiah kejuaraan Nasyid Uswatun Hasanah sebagai Juara harapan III Tingkat Provinsi Sumatera Utara dari Gubsu oleh Bupati Nias Barat.

Hadir juga dalam acara ini Ketua TIK Kab. Nias Barat sekaligus Kadis PMD Sozisokhi Hia, SH.,MM, Plt. Asisten I Drs. Darman Gulo, Kadis PUPR Hiburan Halawa, ST.,M.Eng, Camat Sirombu dan Forkompimka Kec. Sirombu, Tokoh masyarakat Kec. Sirombu, Kades & Ketua BPD se-Kab. Nias Barat.

(shlw)

Pos terkait