Banjir Melanda Batu Bara, Terutama Di Wilayah Kecamatan Datuk Lima Puluh

Batu Bara, NAK-Sejumlah warga berjalan menembus banjir yang melanda Desa Empat Negeri, Desa Kuwala Gunung, Desa Simpang Dolok, Kemudian Desa Air Hitam, Sabtu (26/10)

Tingginya intensitas hujan yang terjadi di wilayah Batu Bara kurun beberapa hari terakhir telah menimbulkan banjir di sejumlah titik. Demikian data liputan wartawan secara langsung di lapangan.

Bacaan Lainnya

Saat wartawan terjun ke lokasi, telah terjadi banjir yang lebih parah ada dua desa, yakni desa empat negeri dan desa kuwala gunung. Akibatnya, ada puluhan rumah warga di dua desa terendam air.

Sementara menurut Warga Dusun 1 Desa Kuwala Gunung Bernama Aisyah, sangat menyesalkan sungai nya sangat dangkal. Kemaren tahun 2018 ada pekerjaan pengorekan sungai namun asal-asalan. Begitu hujan terus menerus, mana bisa sungai menampung debit air dari hulu, akhirnya air sungai meluap membanjiri banyak rumah warga, katanya.

Selanjutnya, ia menuturkan, sejak pukul 3 sore, Jumat, (25/10) hingga hari ini, Sabtu (26/10) belum ada bantuan dari pihak mana pun, baik dari Dinas Sosial, Dinas Bencana Alam, maupun Bupati. Hanya terlihat berupa tenda saja, itu untuk apa, seharusnya bantuan itu berupa sembako, pungkasnya.

“Harapan Aisyah, Bupati harus turun lah, melihat keadaan kami secara langsung” cetusnya.

Untuk sementara, Kepala Desa Empat Negeri Suminah, menjelaskan ketika berada di lokasi banjir dusun 6, ada sekitar 14 kepala keluarga (KK) terdampak banjir dengan kondisi rumah terendam, imbuhnya.

Menurut perkiraan warga dilokasi banjir yang merendam permukiman warga, Desa Empat Negeri di Dusun 6, dan Desa Kuwala Gunung Dusun 1, dengan ketinggian mencapai 30 – 100 Cm. Apabila malam ini hujan turun lagi, dimungkin kan akan semakin bertambah parah banjirnya, ungkap warga.

(Rahmat Hidayat)

Pos terkait