Rangkaian Acara Sail Nias 2019, Wonderful Nias Expo Resmi Dibuka

Nias Selatan, NAK-Wonderful Nias Expo (WNE) 2019 merupakan Rangkaian Kegiatan Perhelatan Sail Nias 2019, kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Staf Ahli Kementerian Perdagangan RI Ir. Sutriono Edi, MBA yang dilaksanakan dilapangan Orurusa Teluk dalam, Rabu (11/9/2019).

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Dirjen Pembangunan Masyarakat Perdesaan Kemendes RI, Taufik Madjid, Wakil Bupati Nisel Sozanolo Ndruru beserta nyonya Megawati Sozanolo Ndruru, Danlanal Nias, Jan Lucky Boy Siburian, mewakili Kajari Nisel, Plt. Sekda Nisel, Ikhtiar Duha, dan Para Kepala OPD lingkup Pemkab. Nisel.

Bacaan Lainnya

Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia penyelenggara Wonderful Nias Expo yang terus – menerus mempersiapkan kegiatan ini, sehingga hari ini bisa dilaksanakan dengan baik, Ucap Duha!

Juga, Orang Nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mengucapkan selamat datang kepada para tamu, baik dari pusat maupun dari propinsi, dan Ia berharap agar pelaksanaan WNE 2019 bisa berjalan dengan baik, Imbuh Duha!

” Harapan kita semua kegiatan ini nanti bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Nisel untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang lebih baik”, Pinta Duha!

Staf Ahli Kementerian Perdagangan RI Ir. Sutriono Edi, MBA dalam sambutannya mengatakan bahwa selama ini pulau nias ini saya dengar bahwa indah, dan memang benar jadi kenyataan ketika hari ini saya sampai disini, dan ini sangat berpesan bagi diri saya, dimana hari ini saya kebandara silambo, kemudian menuju Genasi, seterusnya melihat langsung batu berlobang (Batu Atola) yang sangat indah itu, dan terakhir kepantai sorake dan masyarakat begitu ramai disana, Ucap Edi!

Ia juga mengatakan bahwa Sail Nias 2019 ini akan diresmikan langsung Presiden Jokowi dodo, dan ini menjadi tonggat sejarah bagi kepulauan nias, dan supaya lebih besar lagi Destinasi Wisata yang bisa kepulauan Nias maupun perdagangan dan investasi, Tuturnya!

” Kekayaan alam Nias itu sangat besar sekali, dimana sepanjang jalan dikelilingi oleh pohon kelapa, dan apabila ini dikelolah sangat bisa dikelola, misalnya sabuknya dijadikan job mobil, dan ini dijerman Sabuk Kelapa itu Job Mobil BMW, semoga kedepan Bupati Nisel bisa mengembangkannya untuk kesejahteraan rakyat disini “, Pungkasnya!Kami dari kementerian perdagangan akan mendukung sekali untuk upaya meningkatkan kemajuan masyarakat dinisel, dan pihaknya memiliki pelatihan ekspor dan bisa melatih teman – teman dari nisel, apabila Bupati mengirim SDM -SDM untuk dilatih,Tuturnya!

Juga dalam kesempatan ini, Sutriono Edi menyampaikan bahwa sesuai data yang diperoleh, Perkembangan Ekonomi Nisel sudah cukup bagus, dimana mengalami peningkatan sebesar 5,04 %, dimana sebelumya 4,9 %, dan ini dibarengi dengan perhelatan Sail Nias 2019, Ucap Edi!

Pada Pembukaan Acara WNE 2019, Para tamu yang hadir disambut dengan Sanggar Budaya Nisel, yaitu tari perang dan tari moyo serta menyuguhkan sekapur sirih kepada tamu, selain itu juga Pameran Sanggar Jumping dari Kota Medan.

Pantauan Wartawan ini dilapangan, dalam acara Wonderful Nias Expo itu, sejumlah instansi, baik dari Kementerian maupun dari daerah menggelar Pameran dan menjual berbagai kuliner serta hasil karya seni disetip daerah.

(R. Gowasa)

Pos terkait