PPL Kecamatan Mandrehe Gelar Dagang Teknologi

  • Whatsapp

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) gelar kegiatan dagang teknologi di Balai Pertemuan Penyuluh (BPP) Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat, Rabu 01/09/2021

Koordinator PPL wilayah Kecamatan Mandrehe Sepsiani Zai, menjelaskan, tujuan dagang teknologi oleh PPL Kecamatan Mandrehe adalah untuk mengakses perkembangan teknologi dalam pengolahan pertanian mulai dari cara budidaya, pemeliharaan, panen dan pasca panen agar meningkatnya hasil hasil pertanian.

Bacaan Lainnya

” Dengan diadakannya dagang teknologi oleh penyuluh pertanian Kecamatan Mandrehe, dapat membantu sesama penyuluh untuk menambah pengalaman, pengetahuan serta menyamakan persepsi dalam menghadapi keluhan-keluhan para petani di lapangan, ” katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaannya antara lain dengan memanfaatkan rapat koordinasi penyuluh setiap sekali seminggu di BPPK Mandrehe dengan bergantian penyuluh menjadi narasumber dan penyuluh yang lain menjadi peserta.

Kemudian, setelah penyampaian materi dikembangkan dalam ruang diskusi untuk memberikan saran, pendapat maupun pertanyaan.

Kegiatan awal dagang teknologi tersebut, sebagai narasumber Noveriana Zebua, menyampaikan, kegiatan tersebut sangat bagus dan bermanfaat. Dan salah satu nya kegiatannya, sumber untuk membuka wawasan dan saling berbagi pengalaman kepada teman-teman yang lain.

Misalnya kata Noveriana, budidaya tanaman padi sawah. Ia menjelaskan, budidaya tanaman padi sawah ini sangat banyak butuh proses, dan agar hasil panen padi melimpah, ada beberapa faktor yang harus dimaksimalkan, diantaranya, media tanah harus gembur, subur dan terbebas dari pathogen tanah.

Anakkan padi produktif harus banyak. Jumlah rumpun per hektar banyak. Minimalisir gabah kosong dan maksimalkan gabah bernas. Jumlah per 1000 bulir padi lebih berbobot.

Beberapa faktor diatas dapat tercapai dan agar hasil padi dulur-dulur dapat menghasilkan hingga 8-10Ton/Ha, maka harus dipelajari cara menanam padi yang telah memiliki bukti, terbukti diantaranya, pengolahan Tanah pemilihan benih padi unggul. Persemaian padi. Tahapan cara menanam padi, penyiangan lahan padi, cara pemupukan padi.

Selanjutnya. perlindungan tanaman padi terhadap hama dan penyakit. Hama tersebut diantaranya, hama padi, penggerek batang, hama wareng, keong mas,walang sangit, tikus, burung dan lain-lain.

” Dan yang terakhir penyakit padi, hawar daun bakteri, busuk batang dan penyakit bercak daun, ” pungkasnya.(sabar)

Pos terkait