Replating Kebun kelapa Sawit, (2)Koperasi Dan (3)Kelompok Tani Sebagai (KPA)

Aceh Singkil. NAK – Pemerintah pusat melalui badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit(BPDPKS) telah progeram replanting atau peremajaan tanaman kelapa sawit kepada lima(5) kelompok,dua koprasi,

Dalam perhektar, atau setiap 1 hektar lahan menerima bantuan sebesar Rp 25 juta,”kata Plt kepala dinas perkebunan aceh singkil,Zulkifli,Rabu 7 oktober .2020.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya “dana langsung di transfer ke rekening kelompok penerima, dan ini merupakan dana hibah dari pemerintahan pusat kepada masyarakat/kelompok penerima, tugas kami sebagai dinas pekebunan Cuma memperifikasi data usulan dari pengusul untuk dikirim keprovinsi banda aceh melalui aplikasi online masalah benar atau salah nya nanti itu keputusan di banda aceh,”Ujar Zul.

Setelah oke dari dinas perkebunan banda aceh maka data langsung di kirim ke Dirjen pertanian di pusat setelah disana juga sudah oke lalu dikeluarkan lah rekomtek kepada BPDPKS,kemudian di bentuk lah kerja tiga pihak BPDKS-MITRA BANK ,seperti koperasi unit desa (KUD),kemudian kelompok petani atau KOPRASI,untuk pelaksanaan sepenuhnya di kerja oleh pihak kelompok tersebut.

Rancangan anggaran biaya ( RAB, )meraka yang buat sendiri bibit mereka beli sendiri,jikalau sudah selasai semua di online , kami tidak ada terlibat hal itu kalau seandai nya ada permaslahan salah beli bibit, itu salah meraka sendiri kami hanya mengarahkan sebagai induk kalau untuk pembelian bibit di tempat resmi dan bibit tersebut maksimal berumur di ats 10 bulan dan layak untuk di tanam,”Ungkap Zulkifli.

Jumlah koperasi( 2) dan kelompok tani (3) yang terdaptar di dinas kabupaten aceh singkil jelas, buk Emi, sebagai kabit produksi dan prasarana dinas perkebunan aceh singkil jumat tanggal 9 oktober 2020.

Senada dengan Plt.kepala dinas perkebunan mengenai program replanting sebagai kuasa pengguna anggaran ( KPA ) nya ,langsung oleh koperasi dan kelompok tani. dan dari dinas perkebunan cuma sebagai tim pripikasi lapangan bukan pengadaan bibit, Tetapi mengarahkan bibit yang resmi bersertifikat.jelas buk Emi.

Di kantor reflanting samping masjid Agung Subulussalam , Juliadin SH.ktua koperasi produksi perjuangan bersama (KPPB) beberapa bulan lalu mengatakan, ”kami dari koperasi tentang program replanting kebun kelapa sawit ini yang didana I oleh pemerintah pusat .Dan kami sebagai koperasi hanya menerima setelah disposisi dari dinas perkebunan aceh singkil “terutama tentang pendistribusian bibit kelapa sawit pengadaan dari dinas dan boleh di kompirmasi melalui kabit produksi dinas perkebunan aceh singkil buk Emi “jelas Juliadin.

Dari hasil kompirmasi dinas perkebunan aceh singkil dan ketua koperasi sungguh jauh berbeda, dan di minta kepada pemerintah daerah aceh singkil memberikan pengawasan agar tepat guna dan bertanggung jawab.

( Aiyub )

Pos terkait