Galian C sungai Lahomi Bawadasi Teracam Jembatan Pemda Nias Barat Di Duga Biarkan

Nias Barat. NAK – Jembatan Lahomi yang dibangun sejak Tahun 2017, terancam Ambruk karena maraknya Galian C didekat Jembatan.Hingga terkadang Galian C itu Di ambil Golong jembatan Baik warga maupun mobil L300 ,dan Truk,

Namun izin Galian C.itu Di atur Dalam peraturan lingkungangan Hidup PP 52 Bahwa Pengambilan Golongan C itu di aungai 200 Meter Dari Pinggir jembatan Kiri kanan Namun Di duga Pemda Membiarkan warga mengambil Golongan C Jarak 10 meeter Bahkan Di GOlong jembatan .

Bacaan Lainnya

Mana Atura pemda nias barat terkait Larangan Galian C di Sungai Jembatan Lahomi bawadasi Itu Kenapa tidak di Berlakukan?Apakah Karena pemda Hanya Suka Berbicara Namun susah Berbuat,Ada Pemda Nias barat Tidak keras melarang Warga yang sesuka Hati Lakukan Galian C Di sungai lahomi Bawadasi itu?Apakah Pemda juga ingin Hancur Jembatan Lahomi Bawadasi tersebut?

Kurang dari 30M dari Lokasi Jembatan, terpantau aktifitas masyarakat mengumpulkan batu dan pasir untuk dijual sebagai bahan material, Bahkkan Mobil Truk langsung kedalam sungai mengambil Pasir Sirtu.

Pantauan Wartawan Dan LSM KCBI Rabu (07 Oktober 2020), tidak jauh dari Abdument Jembatan 30 Meter, ada 7 batang Pohon Kelapa yang sudah tumbang kedalam sungai di Duga akibat penggalian pasir secara terus menerus.

Diperkirakan, Apabila Pengambilan Pasir Galian C dan Batu didekat Jembatan Lahomi tidak segera dihentikan Oleh Pemda Nias BaratnMelalui Aturan Yang Berlaku terkait Lingkungan Hidup maka Jembatan Lahomi Bawadasi itu dalam waktu dekat akan roboh

Salah Satu warga yang melintas Di jembatan Lahomi itu mengungkapkan sangat Prihatin melihat keadaan sekitar Jembatan Lahomi Bawadasi itu dan juga meminta Pemerintah Nias barat segera menertibkan Galian C, Karena dapat merusak Jembatan Lahomi,Bahkan merugikan masyarakat Nias Barat bila Putus jembatan Lahomi Bawadasi ini,
Kemudian tambah berkurang Aktifitas masyarakat dan Bahkan kebutuhan sehari terhalang baik impor maupun produksi Luar maupun daerah nias barat bila putus jembatan Lahomi ini Lagi.

“Ini cukup berbahaya, kalau terus seperti begini, dipastikan Jembatan ini tidak akan bertahan, Semoga Pemerintah Nias Barat segera melakukan kegiataan penertiban, untuk menyelamatkan Jembatan Lahomi,” Harapnya.

(Sabar)

Pos terkait