Pemkab dan Polres Nisel Gelar Deklarasi Damai Pilkades

Nias Selatan, NAK-Menjelang Pemilihan Kepala Desa serentak 2019 di Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Daerah Kabupaten Nisel bersama Polres Nisel gelar deklarasi damai.

Acara deklarasi pemilihan kepala desa tersebut dilaksanakan dilapangan Orurusa Teluk dalam, Rabu (30/10/2019).

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan Deklarasi Damai Pilkades tersebut diwakili oleh beberapa Kecamatan, diantaranya : Kecamatan Telukdalam, Fanayama, Luahagundre, Maniamolo, Amandraya, Toma, Onolalu, Mazino, Aramo, Ulususua.

Dalam acara tersebut turut hadir Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH., MH, Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, S. I. K, Danlanal Nias Jan Lucky Boy Siburian, Anggota DPRD Nisel Memoris Wau, SH, Kadis PMD Albert Duha, SP, Para Camat, Para Cakades, dan Panitia Pilkades.

Dalam arahannya, Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, S. I. K mengatakan bahwa deklarasi damai ini sengaja kami laksanakan oleh Polres Nisel dan telah berkoordinasi kepada bupati nias selatan bahwa sebelum pilkades perlu dilaksanakan deklarasi bersama, yaitu deklarasi damai, Pungkasnya!

Orang nomor satu dijajaran Polres Nisel itu, menyampaikan bahwa tujuan dari pada deklarasi tersebut untuk menyatukan pikiran, membuat kesepakatan bersama para cakades bahwa nanti dalam pelaksanaan pilkades ini semua cakades mempunyai komitmen bersama untuk menjaga dan mewujudkan pelaksanaan pilkades yang aman, dan damai serta tidak ada yang ribut dan konflik antara cakades, Pinta Kapolres Nisel itu!

Pilkades ini untuk memilih calon – calon pemimpin masa depan masing – masing desa, dan diharapkan calon – calon pemimpin desa ini harus memiliki kedewasaan, kemampuan, kesabaran dalam menghadapi setiap permasalahan yang nanti muncul didesanya masing -masing, harap Kapolres Nisel itu!

” Sejak awal nanti mampu menunjukkan kesabaran, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan menyelesaikan masalah yang dihadapi menjelang pelaksanaan Pilkades di Nisel “, Tuturnya!

Ia juga berharap dan menghimbau kepada seluruh Cakades bisa mengendalikan para massa pendukungnya, dan dalam kompetisi ini memiliki integritas, serta komitmen untuk tidak melakukan kecurangan dan hal – hal lain yang dapat mengganggu pelaksanaan pilkades serentak ini, Imbuh Komandan Polres Nisel itu!

Juga kepada para Panitia Pilkades disetiap desa, agar dalam melaksanakan tugasnya bisa menjaga netralitas, integritas, dan tidak ada yang melakukan kecurangan, karena pihaknya tidak mau nanti muncul masalah dari panitia, dan ini sangat rawan apabila panitia curang dan tidak jujur dalam melaksanakan tugasnya, Harap Kapolres!

Seusai upacara digelar, Bupati Nisel bersama Forkopimda Nisel lainnya dan diikuti seluruh Cakades membubuhkan tandatangan dilembaran naskah deklarasi yang telah disediakan oleh pihak Polres Nisel.

(Penulis :Ris. Gowasa)

Pos terkait