Menko Maritim : Manfaat Sail Bukan Hanya Pranya, tapi Pascanya

Nias Selatan, NAK-Puncak Acara Sail Nias 2019 resmi dibuka oleh Presiden RI yang diwakili Menteri Koordinator Kemaritimam RI (Menko Maritim – RI), Luhut Binsar Panjaitan.

Pembukaan Puncak Sail Nias 2019 digelar dipelabuhan baru teluk dalam, Sabtu (14/9/2019).

Bacaan Lainnya

Dalam Kesempatan itu, setidaknya hadiri 5 Menteri Kabinet Kerja, yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti,
Menteri Pariwisata, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc, Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo, BSEE., M. BA, dan Menteri Hukum dan HAM,Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S. H, M. Sc, Ph. D.

Selain Jajaran Menteri RI hadir dalam kesempatan itu, Juga Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Para Dubes Negara tetangga, Forkada sekepulauan Nias, dan Forkopimda Nisel, dan para tamu dari berbagai daerah, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan ribuan Masyarakat Pengunjung.

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah perhelatan Sail Nias 2019, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat atas perhatian dalam membangun pariwisata di sumut, termasuk event Sail Nias, dan kitanya pemerintah pusat selalu berkenan memberi perhatian pada pariwisata sumatera utara, Ucap Edy!

Edy menambahkan bahwa Nias memiliki potensi khas dunia seperti lokasi surfing terbaik dunia dan juga merupakan Laboratorium Arkeologi Megalitikum, sehingga kunjungan Wisatawan Asing di Sumut tahun 2018 berjumlah 221.465 orang!

” Kunjungan Wisatawan Asing ke Sumut 2018 berdasarkan data BPS Sumut berjumlah 221.465 orang, Saya berharap Pasca Sail Nias ini, terjadi kunjungan wisatawan disumut, khususnya dipulau nias”, Paparnya!

Menteri Hukum dan HAM RI, yang juga sebagai Ketua Panitia Pelaksanaan Sail Nias 2019, dalam laporannya, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa tujuan perhelatan Sail Nias ini untuk memperkokoh visi pemerintah yang menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia, mempercepat pembangunan ekonomi melalui sektor pariwisata, kelautan dan perikanan di propinsi sumut, khususnya dinias, Ucap Laoly!

Selain itu, juga mempercepat sumber daya pariwisata, kelautan dan perikanan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menjadikan Nias sebagai destinasi wisata unggulan dan mendorong Pemda serta stakeholder disektor pariwisata beserta masyarakat untuk bahu – membahu membangun sektor maritim dan pariwisata yang berdaya saing dan berkelanjutan, Tuturnya!

Lebih lanjut, Yasonna mengatakan bahwa pada puncak acara Sail ini merupakan momentum promosi seni budaya nias melalui pagelaran, baik itu paduan suara, maupun tari yang dikemas secara apik melalui tangan – tangan profesional dalam bentuk tari pembuka dan tari kolosal yang bertemakan ” Eksotika Budaya Nias ” dan tari Kolosal itu yang dipadukan salah -satu tradisi khas masyarakat nias, yaitu ” Hombo Batu ” atau lompat batu, Jelas Laoly!

Dalam Amanatnya, Presiden RI melalui Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa Perhelatan Sail Nias 2019 di Nias ini merupakan Sail yang ke-11 dan rangkaian sail indonesia yang dilaksanakan sejak Sail Munaken Manado 2009 , dan Sail ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah – daerah tertinggal di indonesia, tapi seiring dengan perkembangan tidak itu lagi, Ucap Luhut!

Lebih lanjut, Menko Maritim RI menjelaskan bahwa salah – satu pilar pertumbuhan ekonomi kita sekarang adalah pariwisata, dan nias ada didalamnya, oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat pulau nias, Ayo, sama – sama membangkitkan diri, untuk menyambut nanti kalau ada investor pariwisata yang mau ke nias, Jelasnya!

” Ayo, sama – sama membangkitkan diri, untuk menyambut nanti kalau ada investor pariwisata yang mau ke nias, dan kami datang untuk menyukseskan Sail Nias 2019″, Ajak Menko Maritim itu!

Perhelatan Sail Nias 2019 yang bertemakan ” Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia ” bukan menjadi awal, tapi merupakan satu proses, harapan kami setelah ini, promosi nias itu bisa terpopuler melalui para surferer, Tuturnya!

Ia berharap, semoga event ini dapat membawa manfaat kepada masyarakat kepulauan nias, bukan hanya pada saat Pra Sail Nias ini, tapi Pasca Sail Nias ini, dan pihaknya tetap berkomitmen untuk tetap memajukan kepulauan nias ini, Pungkasnya!

“Semoga event ini dapat membawa manfaat kepada masyarakat kepulauan nias, bukan hanya pada saat Pra Sail Nias ini, tapi Pasca Sail Nias ini, dan kami tetap berkomitmen untuk tetap memajukan kepulauan nias”, Tuturnya!

(R. Gowasa)

Pos terkait