Terkait Bencana Longsor Di Mazino dan Onolalu, Dinas PUPR Nisel Segera Tangani

Nias Selatan, NAK-Akibat Diguyur Hujan Lebat yang terjadi pada hari sabtu kemarin, (24/8/2019), Sejumlah Ruas Jalan di Kabupaten Nisel mengalami longsor, bahkan satu jembatan ikut terancam hangus.

Ruas Jalan Yang putus tersebut terjadi di desa Hilinawalo Mazino Kecamatan Mazino yang menghubungkan 4 Desa yakni Desa Hilinawalo Mazino, Hililaza Hilinawalo Mazino, Hilizoroilawa dan Desa Hilifondrege menuju Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan yang sempat lumpuh total, namun warga setempat, pihak Babinsa Telukdalam, juga pihak PUPR nisel melaksanakan gotong royong bersama, sehingga bisa dilalui oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Sementara Jembatan yang ambruk akibat hujan tersebut yaitu jembatan Bailey sungai Idanolawa Kecamatan Mazino.

Bukan hanya itu, juga Ruas Jalan didesa Hilikara Kecamatan Onolalu ikut longsor sepanjang 9 meter dengan kedalam berkisar 9 meter.

Terkait Hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR), Erwinus Laia, S. Sos., MH., MM saat disambangi sejumlah Wartawan diruang kerjanya, Senin (26/8/2019), mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Melalui Dinas PUPR Nisel segera ditangani, bahkan diperkirakan minggu ini, Tutur Laia Kepada Wartawan!

” Tim Kita sedang membuat perencanaan,dan minggu ini sudah bisa kita ambil langkah – langkah penanganan”, Ucap Kadis!

Kita akan normalisasikan sungai, karena kita lihat arah arus sungai itu berubah dan ini harus kita normalisasikan, kemudian kita membuat bronjong oprit, yang pasti kita segera tangani, baik jalan maupun jembatan dimazino, Jelas Laia!

Sementara untuk menangani lokasi sekitar SMK Negeri di Mazino telah kita ajukan melalui P-APBD 2019, dan dalam menangani itu akan kita buat bronjong untuk mencegah jangan sampai terjadi kerusakan yang besar, Pungkas Kadis!

Selain itu juga, Pihak Dinas PUPR segera menangani jalan longsor yang terjadi didesa Hilikara Kecamatan Onolalu, dan tim juga sedang bekerja untuk perencanaan, Ucapnya!

“Penanganan Jalan Longsor di Onolalu itu diperkirakan minggu ini juga, dan ruas jalan yang longsor itu berkisar 9 meter dan kedalaman 9 meter, tentu kita harus buat bronjong dan timbunan”, Tutur Kadis!

Terkait masalah anggaran penanganan jalan ruas jalan dan jembatan tersebut, Kadis PUPR Nisel mengatakan bahwa pihaknya menganggarkan melalui dana pemeliharaan dan dikerjakan secara swakelola, Pungkas Laia!

(R. Gowasa)

Pos terkait