Hasil Panen Padi Sawah Binaan Dinas Pertanian Nisel Naik Signifikan

Nias Selatan, NAK-Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH menghadiri panen perdana kegiatan pengembangan intensifikasi padi sawah Tahun Anggaran 2019,Kelompok Tani “Umbu Baru” Desa Bawoza’ua Kecamatan Telukdalam, Jumat (2/8/2019)

Pada acara panen tersebut, Bupati Nisel didampingi oleh Asisten II Bidang Administrasi Umum Drs. Setiaro Waruwu, Kadis Pertanian Ir. Norododo Sarumaha, Kadis Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Ermanjaya Bu’ulolo, Kadis Sosial Intan Sani Harian, Kakan Perpustakaan, Heni Duha dan Camat Telukdalam Dionisius Wau.

Bacaan Lainnya

Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH., MH menyampaikan bahwa ada sekitar 210 Hektar lahan sawah dibawah Binaan Dinas Pertanian dan mengalami peningkatan hasil panen yang mencapai 100%, Tutur Bupati Kepada sejumlah Awak Media dilokasi panen!

Lebih Lanjut, Duha menjelaskan bahwa Hasil pengubinan yang di peroleh Kelompok Tani “Umbu Baru”saat panen perdana ini mencapai 6,56 ton/Ha. Sementara sebelumnya, hasil panen hanya mencapai 3,5 perhektar setiap kali panen, Ucap Duha!

“Secara keseluruhan di Nisel ada sekitar 210 hektar, diarea disini kita bantu sekitar 105 hektar dan hari ini kita panen di lahan 1 hektar hasilnya 6,56 ton. Dimana sebelumnya menurut pemilik lahan hanya mencapai 3 ton saja, artinya ada peningkatan mencapai 100%”. Ungkap Hilarius Duha.

Peningkatan ini terjadi karena penggunaan bibit unggul yang baik, pemupukan yang tepat sesuai dengan standar disertai dengan pengobatan yang rutinitas, dan ini masih belum dapat memenuhi kebutuhan pangan di Nisel, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan produktifitas padi ini.

“Ini belum memenuhi kebutuhan pangan kita masih jauh, dan target kita terus melakukan pembinaan terhadap petani kita, agar terus ada peningkatan hasil panen supaya bisa menutupi kebutuhan kita”. Ujar Duha!

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua kelompok Umbu Baru, Bahazanolo Lature kepada sejumlah wartawan, bahwasanya hasil panen sebelumnya cuma 3 ton/hektar, tetapi saat ini terjadi peningkatan hasil panen padi sawah itu, sebanyak 6,56 ton/hektar, ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Bahazanolo Lature, mewakili kelompok “Umbu Baru”mengucapkan terimakasih atas perhatian Bupati Nias Selatan kepada petani melalui Dinas Pertanian, untuk meningkatkan penghasilan kami petani di Nisel. Dan kami dari kelompok berharap hal ini terus dilakukan untuk keterpenuhan kebutuhan padi di Nisel, Pinta Bahazanolo Lature.

(R. Gowasa)

Pos terkait