Warga Nisel mulai Geram, Kepala PLN harus ambil sikap tegas mengenai trus padamannya listrik di Nisel

Nias Selatan,NAK-Kondisi Listrik di wilayah Kepulauan Nias khususnya di Area Nias Selatan semakin hari bertambah buruk bahkan beberapa bulan terakhir tiada hari tanpa pemadaman listrik.

Seperti pada Minggu, (14/7/2019) dalam kurun sehari itu ada sekitar 3-4 kali listrik padam sehingga sangat mengganggu kegiatan ibadah yang sedang bergereja.

Bacaan Lainnya

Akibat pemadaman yang hampir tiap haru terjadi itu juga membuat warga geram pasalnya, alat-alat rumah tangga, elektronik yang berhubungan dengan listrik seperti kulkas, rice cooker, televisi rusak.

Tak hanya itu, bola lampu para pelanggan juga ikut rusak dan aktifitas para pelaku usaha dan ibu-ibu rumah tangga juga sangat terganggu.
Para pengusaha dan warga juga sangat dirugikan karena terpaksa mengeluarkan biaya tambahan untuk beli bensin yang diperuntukan untuk menghidupkan genset.

Selain itu, pemadaman listrik juga dikeluhkan sejumlah warga yang ada di Whatsapp Group Petugas Pemadam Listrik dimana di group itu ikut bergabung sejumlah petinggi PLN yang bertugas di Area Kepulauan Nias diantaranya Manager PLN Rayon Telukdalam, Jadiman Hutapea.

Meskipun keluhan bertubi-tubi dilayangkan kepada pihak PLN melalui group tersebut, namun upaya menormalkan suplay listrik di Area Nias Selatan hingga kini belum menemukan titik terang. Seolah-olah keluhan warga itu hanya dianggap sebagai angin lalu.
Padahal, diketahui kondisi daya listrik di Area Kepulauan Nias surplus dengan adanya penambahan daya 70 Kv dari Idanoi Gunungsitoli-Telukdalam.

Beberapa warga Nisel diantaranya, Sabar Duha, Sadar Halawa, Suasana Harita kepada wartawan Minggu, (14/7/2019) sangat kesal atas pelayanan pihak PLN.

Mereka juga mempertanyakan alasan pihak PLN Area Nias yang hampir setiap hari memadamkan listrik.

“Kalau soal cuaca kita maklum, namun seperti hari ini (Minggu, 14 Juli 2019), kita tau semua Kalau cuaca khususnya di area Toma bagus. pertanyaanya adalah kenapa masih terjadi pemadaman listrik hingga 3-4 kali dalam kurun waktu sehari. Ini sangat aneh dan sepertinya ada yang tidak beres di PLN Area Nias ini. Kami berencana akan membuat laporan kepada seluruh instansi terkait atas sering padamnya listrik di Area Nias khususnya di Area Nias Selatan,”tandas mereka.

Manager PLN Rayon Telukdalam, Jadiman Hutapea saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp, terkait ini, Minggu, (14/7/2019), hingga pukul 19.00 WIB malam, tidak dibalas.

(R. Gowasa)

Pos terkait