Aneh, ! Destinasi Wisata Air Terjun di Desa Sisobaoho Mabar Nias Barat Tokoh sebut Duga Saluran kotoran Warga Dan Permandian Umum

  • Whatsapp

(Ket. Foto : Saluran Air Terjun)

Nias Barat. NAK – Pemerintah Kabupatèn Nias Barat Air Terjun Desa Sisobaoho, yang baru – baru ini di tetapkan sebagai Destinasi Pariwisata sebagai Air Terjun yang dipimpin langsung Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd.,MA.,MM didampingi Ketua TP.PKK Kab. Nias Barat Ny. Insani Faduhusi Daeli, hadir juga Kementrian Direktorat Jenderal Pariwisata RI Andi Marpaung, Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulö, Asisten Dua Yupiter Hia, S.IP.,MM serta sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemkab Nias Barat, Forkompika Kecamatan Mandrehe Barat, Kepala Desa se-Kecamatan Mandrehe Barat; gelar Launching Destinasi Wisata AIR TERJUN SALURAN KOTORAN PERMANDIAN Desa Sisobaöhö Kecamatan Mandrehe Barat Kab.Nias Barat; Jumat, 9 April 2021 berjalan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Acara diawali dengan Penghormatan (Fangowai dan Famè Afo) dari para Tokoh Adat dan para Ibu dilanjutkan saboh dari Camat Mandrehe Barat Taufik Hidayat Hia, S.Pd.,M.Si dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indônèsia Raya dan Mars Nias Barat; kemudian diteruskan sambutan dari Kementrian Direktorat Jenderal Pariwisata RI Andi Marpaung dan terakhir bimbingan/arahan dari Bupati Nias Barat yang dirangkai dengan Launching Destinasi Wisata Air Terjun Saluran Kotoran warga Dan Pemandian Masyarakt Desa Sisobaoho tersebut.

(Saluran Air Terjun)

PJ. Kades Desa Sisobaoho Manase Gulo menyampaikan Laporan tentang Profil serta sumber daya alam.

Salah satu Tokoh Masyarakat Ama Norma Hia Sekaligus Hamba Tuhan Di Desa Itu menyampaikan kepada awak Media tentang Asal usul nya Air Terjun tersebut bahwa itu Saluran kotoran warga desa dan Permandian ( Luaha Hele Niha Mbanua ) Desa Sisobaoho Kecamatan Mandrehe Barat, Namun Pemerintah Daerah Jadikan tempat Wisatawan apakah Sebelum Pemerintah daerah amelalui Dinas pariwisata Nias barat tidak memelitik terlebih Dahulu Baru Di tetapkan Sebagai Destinasi wisata Air terjun Lokasi Di Desa sisobaoho mandehe Barat itu ? Atau kah pihak perintah ada tujun tertentu? Sangat Neh di semoga ini bisa menjadi Contoh di antara Pariwisata di sekitarnya baik di luar Daerah mau pun dalam Daerah khususnya Pariwisata se – Kepulauan Nias.

Menurutnya, Lokasi Destinasi Wisata yang terletak di Desanya, sungguh tidak layak karena saluran kotoran permandian umum masyarakat Desa Sisobaoho, kecamatan Mandehe Barat, kabupaten Nias Barat, sehingga membuat para wisatawan manca negara tidak nyaman sewaktu berkunjung, ujarnya.

I’anya berharap kepada pemerintah daerah kabupaten Nias Barat, Kiranya ditinjau ulang lokasi tersebut, karena tidak layak dijadikan sebagai Lokasi Destinasi Wisata.

(Sabar)

Pos terkait