Ir H. Zahir M.Ap Bupati Batu bara Bersama Ketua DPRD Batu Bara Tinjau Tanggul Sungai Dalu-Dalu

Batu bara. NAK – Setelah menerima laporan Camat Air Putih akan kondisi tanggul tepi Sungai Dalu Dalu Desa Suka Raja Kecamatan Air Putih terancam longsor, Sabtu (18/07/2020), Bupati Batu Bara Ir Zahir M.Ap bersama Ketua DPRD, M Safi’i SH melakukan peninjauan.

Kondisi ini perlu dapat perhatian, sebab membahayakan pertanian padi dan permukiman masyarakat, perlu pemeliharaan tanggul yang longsor untuk menyelamatkan lahan pertanian yang kurang lebih 10 hektar terancam digenangi air.

Bacaan Lainnya

“Ya sudah minta Dinas PUPR Batu bara menurunkan excavator amfibi, meskipun sungai ini kawasan Dinas Perairan Provinsi Sumatera Utara,“ kata Bupati Ir H. Zahir M.Ap .

Menurut Bupati Batu bara Ir H. ZahirZahir M.ap, secepatnya persoalan ini untuk dapat dilakukan perehapan dan perencanaan pekerjaan, karena ini adalah aksesnya pertanian, sehingga tidak membuat resah petani Desa Suka Raja.

Dalam pertemuan itu M Rapik Kades meminta agar antisipasi tanggul tidak jebol segera diadakan normalisasi supaya air sungai itu mengalir, bisa terbagi dan arus dan mengurangi tekanan air,dan tidak deras ketanggul yang rusak akibat longsor.

“Kalau ini tidak cepat diperbaiki bukan saja lahan pertanian yang terancam, pemukiman warga juga akan terancam digenangi air,“ ungkapnya M. Rafiq kepada wartawan Newsantikorupsi pada hari senin 20/07/2020 .

Camat Air Putih Chaidir Rahmat Lubis menerangkan bahwa,” iya bersama Kades sudah segala cara dan upaya untuk mengangkat masalah itu agar segera mendapatkan perhatian ” ujarnya .

“Dua kali saya surati resmi ke Dinas PUPR Kabupaten Batu Bara bermaksud ada solusi sementara, tapi belum ada respon,“ beber Chaidir Rahmad lubis camat Air Putih.

Camat Air Putih mengatakan ” respon dari PUPR cuman menunggu Sumber Daya Air (SDA) Provsu yang mengerjainya , Itu memang ranahnya Provsu untuk R.APBD Provsu tahun 2021,” katanya.
( Albs70 )

Pos terkait