ADA APA BENIH JAGUNG 120 TON TIDAK DIKETAHUI PENGADAANNYA OLEH KEPALA DINAS

Nias Barat. NAK – Berdasarkan hasil pemantauan Ketua LSM KCBI kabupaten Nias barat Sabar Halawa bersama beberapa Awak media senin 13/07/2020 di gudang Kantor Dinas Pertanian kabupaten Nias Barat terdapat tumpukan Benih bibit jagung.

Ketika awak media konfirmasi kepada kadis Pertanian Yohanes Halawa di ruanganya, selasa 14/07/2020, Beliau menyuruh konfirmasi kepada Martianus Laia karena saya sibuk, katanya
Atas petunjuk Kadis Pertanian terasebut beberapa wartawan temui Martianus Laia di ruanganya dan berhasil ditemui.

Bacaan Lainnya

Ketika wartawan konfirmasi kepada Martianus Laia tentang benih Bibit Jagung yang menumpuk di gudang Dinas Pertanian Nias Barat Jawabnya martinus Laia” sebenarnya benih bibit jagung ini sudah tersalurkan sebagian dan masih sebagian besar yang masih belum. Apa lagi pengadaan benih bibit jagung ini yaitu Anggaran 2019 pada masa kadis Ekonomi Daeli. Maka untuk itu kita disini tidak mengetahui berapa jumlah benih bibit jagung yang telah tersalurkan dan berapa yang belum disalurkan karena datanya tidak ada sama kami tutur martinus laia

Dijelaskan bahwa semenjak adanya benih bibit jagung ini, kami dari Dinas Pertanian Nias Barat, Telah menyurati pihak Pengawasan Pekerjaan Lapangan kelompok tani (PPL) supaya dilakukan penyaluran benih bibit jagung tersebut di setiap kelompok tani di masing-masing kecamatan, jelasnya Martianus Laia.

Ditempat yang berbeda awak media Bersama Ketua Lsm KCBI Nias barat menghubungi Mantan kadis pertanian Ekonomi Daeli melalui Telepon selulernya untuk konfirmasi tetkait tentang Benih bibit jagung yang sedang numpuk di gudang dinas pertanian nias barat namun tidak bisa di hubungi telpon beliau mengatakan nomor yang anda tunjuk sedang sibuk coba beberapa saat lagi.

Sabar Halawa Ketua LSM KCBI Nias Barat mengatakan” Bila benih bibit jagung numpuk di gudang Dinas pertanian Kab. Nias barat tersebut ” Di sinyalir Ada sesuatu yang di sembunyikan dinas pertaniam kepada kelompok tani itu, dan demikian juga sama halnya menghamburkan” uang negara, tuturnya.

Berdasarkan informasi tersebut ketua Lsm strategi mencoba menelpon kadis Pertanian Nias Barat, Nomor hp 08136040xxxx pada hari hari jum,at tanggal 17/7-2020 pukul 11,30 wib untuk menanyakan benih bibit jagung yang menumpuk digudang kantor dinas pertanian tersebut sumbernya dari mana bantuan/pengadaan dari mana?,anggarannya dari mana dan program tahun berapa..? jawabnya Yohanes Halawa kadis pertanian saya kurang tau, yang lebih tau adalah mantan kadis Lama karena saya baru dilantik menjadi Kadis Pertanian pada tahun 2020, jelasnya.

Di tempat yang berbeda Tem Lsm strategi Niast Barat Melinus Hia mencoba menghubungi Ekonomi Daeli mantan kadis pertanian melalui telepon selulernya melakukan konfirmasi lebih lanjut tentang temuan awak media benih bibit jagung yang telah menumpuk digudang dinas petanian tsb,Jawabnya benar bibit jagung itu pada masa saya menjabat namun kurang tau juga dari mana dan untuk apa…
yang melakukan itu semua Sekertaris dinas pertanian Herti dan Hasamoni mereka yang lebih tau tentang hal itu.
Ketika barang itu datang saya sedang berkemas-kemas karena mau pindah didinas lain.

Sabar Halawa ketua LSM KCBI Nias Barat Menegaskan dalam waktu dekat akan kami surati Bupati Nias Barat dan DPRD Kabupaten Nias Barat,Dinas pertanian provinsi dan pihak penegak hukum atas dugaan penyimpangan benih bibit jagung di gudang kantor dinas pertanian nias barat tsb , dan hal seperti inilah pihak penegak hukum melakukan penyelidikan di duga pihak oknum dinas pertanian nias barat di sinyalir ada permainan oknum dalam pengelolaan benih bibit jagung ungkapnya dengan nada kecewa.

Di lanjutkan ketua LSM KCBI bersama ketua LSM strategi wilayah Hukum Nuas barat mengatakan pernyataan Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Nias Barat Herti Hia melalui media Beritanusa.com menjelaskan.bahwa dengan adamya pandemi corona covid 19 salah satu hambatan penyaluran bibit unggul jagung kepada kelompok tani maupun masyarakat umum nias barat menurut sabar Halawa hanya suatu alasan dinas ketika sudah ditemukan oleh wartawan bersama Lembaga awadaya masyarakat nias barat penyimpangan benih bibit jagung di gudang dinas pertanian itu,di duga ada sesuatu permainan dinas pertanian dan tahangan pangan niaa barat tersebut.

(sabar)

Pos terkait