Sekretaris Daerah Nisel Prioritaskan Pemasangan Lampu Jalan dan Bandara Silambo 2020

Nias Selatan, NAK-Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ikhtiar Duha paparkan sejumlah program prioritas sekretariat tahun 2020.

Program prioritas tersebut dipaparkan Sekda seusai mengikuti rapat pembahasan Ranperda tentang APBD TA. 2020 bersama Komisi I DPRD Nisel, melalui konferensi Pers diruang Media Center DPRD Nisel, Jalan Saonigeho Km. 3 Teluk dalam, Rabu (13/11/2019).

Bacaan Lainnya

Ikhtiar Duha menyampaikan bahwa untuk anggaran 2020 pihaknya memunculkan program lampu jalan dari tenaga tata surya, dan ini dimulai dari nari – nari hingga ke lahusa, kemudian menuju kecamatan gomo, Ucap Sekda!

Selain itu, mulai dari simpang sorake menuju kecamatan amandraya, dan ini bukan seperti jarak yang kita lihat sekarang, tapi mulai dari 50 meter hingga 200 meter, Ujar Duha!

Program ini kita lalukan secara bertahap, karena kita terbatas anggaran, maka itu dulu yang kita kerjakan, sebab anggaran lampu ini hanya berkisar Rp. 900 juta, dan kita sedang berusaha dikementerian ESDM agar kita bisa dibantu, Pungkas Sekda!

lebih lanjut, Ikhtiar Duha mengatakan bahwa saat kegiatan Sail Nias bulan september 2019 yang, Kementerian ESDM kita telah dibantu lampu tata surya sebanyak 200 unit, yang dimulai dari pelabuhan dermaga sampai ke sorake, dan simpang gereja Bawomataluo, dan rencana kita lampu tersebut sampai kedesa Bawomataluo sebagai desa tradisional, Tutur Sekda!

Dalam kesempatan ini, Sekda Nisel Ikhtiar Duha kembali menegaskan bahwa Bandara Silambo dipastikan anggarannya telah ada disekretariat, dan apabila anggaran tersebut tidak bisa dilakukan tahun 2019 ini, maka kita bersama DPRD bisa meluncurkannya ditahun 2020 untuk dilakukan pembayarannya, Pungkas Duha!

Ia menambahkan bahwa untuk pembayaran itu harus melalui tahapan, sebab apabila kita langkahi regulasinya sesuai UU No. 2 Tahun 2012 tentang tahapan dokumen, maka kita bisa kena, dan ia berharap jika tahapan itu dilangkahi supaya bisa ditegur, Ucapnya!

Memang untuk di KUA APPS belum dianggarkan, namun pada saat pembahasan nanti kita pastikan dipastikan dianggarkan, apabila semua fraksi di DPRD Nisel mengajukan masalah bandara silambo, tentu ini akan menjadi perhatian berapa nanti anggaran yang tersedia, dan ini atas persetujuan DPRD bersama Pemda Nisel, Tutur Duha!

Dalam kesempatan ini, turut hadir Ketua Komisi I Memoris Fau, SH, Wakil Ketua komisi I Aldika Wau, S. H., MH, Sekretaris Komisi I, Biv. Tinanda Limbong, S. Pd. K, Asisten I Gayus Duha, S. Pd, dan Sekwan Firman Giawa, SH, MH.

(Red/Riswan Gowasa)

Pos terkait