Dewan Pers RI Latih Wartawan Nias Selatan

Nias Selatan, NAK-Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Nisel) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) melaksanakan Pelatihan (Workshop) Bidang Jurnalistik kepada Wartawan Nisel.

Kegiatan Workshop ini dilaksanakan di Baloho Central Beach (BCB) Teluk dalam, Jumat (22/11/2019).

Bacaan Lainnya

Dalam Sambutannya, Kadis Diskominfo Deri Dohude, S Ag., MM mengatakan bahwa melalui workshop ini, rekan – rekan wartawan nisel dan peserta lainnya dapat berinteraksi dengan nara sumber, apalagi narasumber kita profesional dalam bidang jurnalistik, Ucap Dohude!

Ia berharap agar kesempatan emas ini jangan disia – siakan, sehingga dalam interaksi ini kita bisa memperoleh maaf yang berguna, khususnya terkait penulisan berita, Harap Dohude!

Narasumber Dalam Workshop ini Ketua Komisi Pendataan & Riset Dewan Pers RI, Ahmad Djauhar Tas’an.

Dalam Workshop ini, Ahmad Djauhar memaparkan tugas dan fungsi Pers sesuai amanah UU No.40 Tahun 1999 Tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Ketua Komisi Pendataan & Riset Dewan Pers itu mengatakan bahwa landasan ideal pers /media didasari dengan pasal 2 UU No. 40/1999 menyatakan : Pers bertugas mewujudkan kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip – prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum, Jelas Djauhar!

Selain itu, Djauhar mengatakan bahwa dalam pasal 6 UU No. 40/1999, bahwa Pers nasional melaksanakan peranannya melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal – hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, Tutur Ketua Komisi Pendataan Dewan Pers itu!

Ia menyebutkan bahwa fungsi pers / media massa, yaitu verifikasi setiap fakta, mendidik masyarakat, penyediaan hiburan bagi masyarakat, mengawasi pengusaha sebagai fungsi social control, mediator antara publik dan pemerintah, dan sebagai ruang advokasi publik, Sebut Djauhar!

Ketua Komisi Pendataan dan Riset Dewan Pers itu juga menyampaikan bahwa salah satu Peran Media adalah memenuhi hak publik untuk mengetahui, dan menegakkan nilai – nilai dasar demokrasi, mendorong terciptanya supremasi hukum dan HAM, serta menghormati kebhinnekaan, Ucap Djauhar!

Selain para wartawan yang, juga dalam workshop tersebut dihadiri oleh perwakilan dari beberapa OPD lingkup pemkab. nisel.

(Riswan Gowasa)

Pos terkait