Dua Spesialis Pencuri Sepeda Motor Di Rumah Ibadah, Di Hadiahkan Timah Panas

Asahan, NAK-Doorrr… Dua tersangka dari Tiga tersangka pencurian sepeda motor (Curanmor) yang berhasil dibekuk petugas gabungan Polsek Air Joman dan Tim Jatanras Satuan Reskrim Polres Asahan Akhirnya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena melakukan perlawanan kepada petugas saat hendak ditangkap.

Adapun Identitas ketiga tersangka yakni, Muhamad Maza Arzula (20) dan Rinaldi Nurmansyah (30), keduanya merupakan warga Kecamatan Kualuh Ledong, Kabupaten Labuhan Batu Utara, sedangkan tersangka Zainal Damanik (33) warga Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara.

Bacaan Lainnya

Dari hasil pemeriksaan, oleh ara tersangka mengakui kerap melakukan aksinya di halaman rumah-rumah ibadah.

Kali ini, saat di tangkao ketiga tersangka melakukan aksi pencurian sepeda motor nya di halaman Mesjid Taqwa Dusun 3 Desa Punggulan, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Senin (26/8/2019).

korban yang bernama Sulaiman (53) saat memberikan laporan menerangkan bahwasanya sepeda motor Supra X 125 BK 4477 QJ telah hilang saat dirinya sedang melaksanakan shalot subuh berjamaah di Mesjid Taqwa.

Atas laporan tersebut, petugas pun melakukan pengejaran dan mengamankan ketiga tersangka serta alat pembobol yakni kunci T yang digunakan tersangka untuk membuka membawa sepeda motor hasil curiannya itu.

Sementara, petugas Polsek Air Joman dan Tim Jatanras Satreskrim Polres Asahan menjelaskan saat melakukan pengembangan dan meringkus tersangka Maza dan Rinaldi, petugas medapatkan perlawanan. Oleh sebab itu, petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur di bagian kaki kedua tersangka yang sebelumnya melakukan tembakan peringatan keatas.

Dalam kasus curanmor ini, Petugas berhasil meringkus tersangka Zainal, yang berperan sebagai penadah barang curian.

Dalam konferensi Press di Mapolres Asahan, Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu membenarkan kejadian tersebut.

“Para pelaku ini selalu melakukan aksinya di halaman rumah ibadah. Dari pengakuan para tersangka, mereka sudah beraksi mencuri sepeda motor sebanyak 15 kali di wilayah hukum Polres Asahan,” ungkap Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K, Selasa (27/8/2019).

Selain mengamankan tersangka, polisi juga turut menyita barang bukti, dua unit sepeda motor dan satu kunci letter T yang digunakan untuk merusak kunci kontak sepeda motor.

“Para pelaku ini selalu memanfaatkan kelengahan korbannya saat sedang sholat. Jadi mereka selalu mengincar masyarakat yang sedang beribadah. Ketiga nya diduga kawanan spesialis pencuri sepeda motor di rumah ibadah, dan kami masih melalukan pengejaran terhadap seorang tersangka lain yang identitas nya sudah diketahui,” tegas orang nomor satu di Polres Asahan tersebut.

Kapolres juga berpesan kepada masyarakat yang pernah kehilangan sepeda motor, agar segera membuat laporan kehilangan.

“Bagi warga Asahan yang pernah kehilangan sepeda motor, diharapkan bisa agar segera membuat laporan polisi di Polsek ataupun di Polres Asahan, agar bisa segera di tindak lanjuti,” himbau Faisal.

( NAK)

Reporter : kadri
Editor : Rahmat hidayat

Pos terkait