Dinas Pendidikan Nisel Bangun Sarana Sekolah 40 Miliar, Diantaranya 5 Kantor Kacabdis

Nias Selatan, NAK-Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan (Nisel) terus bangun sejumlah Sarana Pendidikan yang sumber anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Alokasi Umum (DAU) TA. 2019, hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Nisel melalui Kabid PTK, Yasatulo Lase, SE, MA diruang kerjanya jalan Arah Lagundri Km. 7 Fanayama, Rabu, (24/7/2019).

Kabid PTK, Yasatulo Lase menyebutkan bahwa Dinas Pendidikan Nisel 2019 ini membangun sejumlah sarana Pendidikan mulai dari Gedung TK PAUD, SD dan SMP dengan Pagu Dana Rp. 30 Miliar yang bersumber dari DAK 2019, Sebut Lase!

Bacaan Lainnya

Beberapa Sarana yang dibangun untuk Tingkat sekolah Dasar (SD) yang sumber dananya dari DAK 2019 diantaranya, Pembangunan Rumah Dinas Guru sebanyak 30 SD, Toilet Siswa sebanyak 12 SD, Ruang Kelas Baru (RKB) sebanyak 7 SD, dan Rehab sebanyak 22 SD, dan 1 RKB untuk Gedung PAUD, Ucap Lase!

Sementara DAK 2019 untuk tingkat SMP, Dinas Pendidikan membangun 3 sekolah RKB, Rehab sebanyak 16 Sekolah, laboratorium IPA sebanyak 5 sekolah, Pembangunan Perpustakaan sebanyak 4 Sekolah, Jamban Guru sebanyak 6 sekolah dan Pengadaan Sarana Belajar SMP sebanyak 23 sekolah, dan total keseluruhan pagu Dananya sebesar Rp. 30 Miliar, tutur Lase!

Lebih lanjut, Yasatulo Lase mengatakan bahwa selain anggaran DAK, juga Dinas Pendidikan Nisel membangun sejumlah sarana pendidikan yang bersumber dari DAU 2019 dengan pagu dana kurang lebih Rp. 10 Miliar, dan sarana tersebut terdiri dari Pembangunan Kantor Kacabdis sebanyak 5 Unit, Lanjutan Kantor Kacabdis sebanyak 10 unit, RKB SD sebanyak 5 Sekolah, RKB SMP sebanyak 5 sekolah, dan Gedung PAUD sebanyak 1 Unit, Jelas Lase!

selain itu, pembangunan jamban SD sebanyak 7 sekolah, Rehab SD sebanyak 8 sekolah, rehab SMP sebanyak 17 sekolah, dan pembuatan pagar Gedung PAUD sebanyak 1 unit, Pungkas Lase!

Untuk sementara, proses pekerjaan khususnya yang di Danai DAK rata – rata tahap pengerjaan, bahkan sudah ada fisik yang mencapai 85 %, sedangkan DAU ada yang telah dimulai dikerjakan dan ada juga dalam tahap perencanaan, Jelas Lase!

Dalam Kesempatan ini, Kabid PTK, Yasatulo Lase berharap agar pengerjaan RKB, Rehabilitasi Gedung dan program lainnya baik yang bersumber dari Dana DAK maupun DAU dapat dikerjakan sesuai Juknis yang ada, dan juga kepada masyarakat supaya bisa menjaga proses pengerjaan pembangunan tersebut untuk bisa dimanfaatkan para siswa dalam menuntun ilmu, dan terlebih – lebih kepada Mitra Kerja (Wartawan) agar ikut mengawasi,Harap Lase.

(R. Gowasa)

Pos terkait