Ribuan Buruh Meriahkan May Day

TEGAL. NAK – Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) dan Hari Jadi ke-443 Kota Tegal berlangsung di Jalan Pancasila Kota Tegal dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh ribuan peserta dari perusahaan dan instansi di Kota Tegal, Minggu (1/5) pagi.

Selain jalan sehat, serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari buruh internasional digelar beberapa kegiatan seperti lomba futsal, lomba tenis meja, lomba senam yang tersebut digawangi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tegal bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal.

Bacaan Lainnya

Kegiatan jalan sehat tersebut dibuka dengan Tari Geyol Tegalan dilanjut dengan jalan sehat yang dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno dan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono.

Ribuan peserta memadati kawasan Jalan Pancasila, untuk menyemarakkan May Day dengan agenda pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pengukuhan relawan anti narkoba dari masing-masing perusahaan dan pembagian hadiah May Day Fun Competition.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan jalan sehat May Day dilakukan untuk memperingati Hari Buruh Internasional setiap 1 Mei. Dia juga turut mendoakan kepada seluruh tenaga kerja dan buruh di Kota Tegal, dapat semakin sejahtera.

“Semoga seluruh tenaga kerja dan buruh Kota Tegal, semakin sejahtera. Pada kesempatan yang berbahagia ini,” ujar Dedy.

Sementara itu, Sekda Provinsi Jateng, Sumarno menyebut bahwa sinergitas antara pengusaha dan pekerja sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan iklim perekonomian. Sebab, pengusaha tidak akan berjalan tanpa ada pekerja dan pekerja tidak bisa berjalan kalau tidak ada perusahaan.

“Inilah fungsi dari sinergitas, baik antara pekerja dengan pengusaha. Kami yang akan memediasi untuk mensinergikan dan mengharmoniskan antara pekerja atau buruh,” ujar Sumarno.

Kepala Disnakerin Kota Tegal, R. Heru Setyawan memaparkan peringatan May Day 2023 dilaksanakan dalam rangkaian Hari Jadi ke-443 Kota Tegal, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik pekerja formal dari perusahaan, pekerja informal yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Kaki Lima Indonesia (HPKLI) dan pekerja pemerintah dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Adapun tema peringatan May Day diambil sama seperti HUT ke-443 Kota Tegal, yakni Tata, Tatas dan Gemebyar serta Kemenangan Idul Fitri Memantapkan Sinergi, Kota Tegal Aman Terkendali.

Heru menyebut di Kota Tegal patut disyukuri karena peringatan May Day tidak ada unjuk rasa atau demo buruh. “Semuanya dapat berjalan dengan baik, kita selalu bersinergi dalam lembaga kerja sama Tripartij, baik pengusaha, pekerja maupun pemerintah,” tuturnya.

Diakhir acara Wali Kota Tegal dan Sekda Provinsi berkesempatan mengundi kupon pemenang jalan sehat dengan hadiah utama dua motor. Dan untuk yang beruntung mendapatkan motor tersebut yakni Arya dari RS Mitra Keluarga dan Elita dari RSI Harapan Anda Kota Tegal.

(Firda)

Pos terkait