Proyek LHKP Taman Bunga Indrapura Mengalami Kerusakan ” Diduga Dikerjakan Asal Jadi “

NEWSSANTIKORUPSI-Proyek pengerjaan bangunan taman, yang Menelan anggaran begitu besar, anggaran mencapai Rp. 892.105.499.55. Terpantau kegiatan yang sudah hampir seratus persen pekerjaan (finishing), membuat tempat duduk dari batu bata ukuran 60 cm lebar x panjang 2 meter, pot bunga dibuat dari pemasangan batu bata ukuran 60-70 cm x tinggi 2 meter dengan kedalaman bekisar 70-80 cm, didepan tempat duduk berbatas jarak antara pot bunga, dengan pot bunga dipasang lantai keramik 20 unit, Jumlah tempat duduk diperkirakan ada 70-80 unit, begitu juga jumlah pot bunga.

keterangan dua orang pekerja penyiram bunga, yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, ” Pot bunga sebelumnya dimasukin tanah merah campur pasir, dan baru tadi malam bunga ditanam, upah menyiram bunga Rp. 90.000/hari “, ujarnya. Sabtu 25/12/2021.

Bacaan Lainnya

” Bangku tempat duduk terbuat dari batu terlihat dilapisi papan jenis palet diduga papan palet bekas, sebagai tempat duduk, Pengecatan dinding tempat duduk dan pot bunga, menurut pekerja, cat dasar warna putih merek Jotun, tetapi cat air, bukan cat minyak, menurutnya dicat dasar warna putih dengan cat air, nantinya tidak berlumut dan tidak mudah luntur “, ujar pekerja yang bersedia di sebutkan oleh awak media.

Dibahagian depan lapangan jalan lintas sumatera medan- kisaran program kegiatan, hanya membentuk tempat duduk seni lingkaran dan juga taman, namun sangat di sayangkan sekali, belum lagi final pengerjaannya, tempat duduk di taman sudah hancur, yang penyebabnya adalah, terjadinya kepatahan pada lapisan depan nya sehingga terkesan pengerjaan nya sangat sangat minim nya pengawasan dari instansi pemerintah daerah Kabupaten Batu Bara, yang terkesan meraup keuntungan besar bagi pemborong nya, Tampa mengindah kan perturan yang ada.

Salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya menuturkan, “Namun sangat disayangkan dibahagian depan sebelumnya adalah juga ada taman dan tempat duduk, taman bahagian depan dibangun oleh dinas Perkim tahun anggaran antara 2018-2019 menelan anggaran tiga ratusan juta rupiah, dan bahkan ada semacam keramik granitnya”, Sebut warga.

Hasil dari Tim pantauan Sosial Kontrol sampai waktu menjelang magrib, melihat dan mengamati pekerjaan dari program Dinas LHKP, ” rasanya cukup di sayang kan, dengan anggaran sebesar Rp.892.105.499.hanya membuat taman seperti ini, dan bisa kita hitung sama-sama tempat duduk 70 an unit, pot bunga hampir sama jumlahnya, bahagian depan membentuk tempat duduk dan taman, dengan ketinggiian tempat duduk dan taman didepan, program kegiatan dinas perkim yang dihancurkan, dipoles sedikit “, ujar Aguś Sitohang Ketua KCBI Batu Bara didampingi Bambang Aktivis LSM RCW dan Awak Media center bravo 5 DPC Kabupaten Batu Bara.

Agus sitohang mengatakan, ” setelah mendengar pemaparan warga, bahwa sebelumnya bangunan taman dinas Perkim Batu Bara pada tahun anggaran 2018-2019 dihancurkan, baru sekitar usia lebih kurang tiga tahun sangat disayangkan “.

” Dan kita lihat bersama, hasil program kegiatan menelan anggaran Rp 892.105.499.55. hanya seperti ini, tempat duduknya dilapisi papan semacam palet bekas, apa istimewanya program kegiatan dinas LHKP ini “, sebut agus.

” Mendengar paparan warga, kelihatannya program kegiatan pengelolaan keanekan ragaman hayati ini, seolah hanya menghambur – hamburkan uang negara dan daerah saja, tidak mewakili kepentingan umum, sama juga halnya dengan program dinas LHKP di simpang inalum kuala tanjung, yang juga ada perusakan tugu inalum, program tidak signifikan, dan menimbulkan polemik ditengah masyarakat “, Ungkap agus sitohang.

Menurut agus sitohang, ” pertama, KCBI akan mempertanyakan kepada dinas asset batubara, apakah perusakan asset sebelumnya, belum usia 5 tahun sudah dirusak dan direhab, apakah dibenarkan ?, bagaimana berita acaranya ? “.

” Kedua, pembangunan ini, apapun halnya, yang bertanggung jawab adalah pengguna anggaran, Dinas LHKP, sebagai sosial kontrol kita akan sikapi, apalagi setelah terjadi nya kerusakan pada bangunan tersebut “, ujarnya. (albs70).

Pos terkait