Pemdes Rancawiru Laksanakan Program Pemerintah

  • Whatsapp

JATENG/NEWSSANTIKORUPSI-Adanya pandemi Covid 19 memberikan banyak hal dan dampak yang luar biasa bagi masyarakat di tingkat pedesaan. Meski demikian tidak menjadi penghalang bagi Pemerintah Desa Rancawiru Kec. Pangkah Kabupaten Tegal dalam melaksanakan program program Pemerintah Pusat.

Hal tersebut, seperti dikatakan Kepala Desa Rancawiru, Agus Suwandi, bahwa dalam masa pandemi pemerintah desa telah melaksanakan diantaranya, dalam penanganan pencegahan penularan virus Covid 19 dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ). Melalui program PPKM; ” Alhamdulilah Desa dapat membantu masyarakat dalam hal penanganan terhadap pasien penderita Covid 19, dengan pemberian bantuan selama menjalani karantina,” tutur Agus.

Bacaan Lainnya

Masih menurut Agus, sebagai upaya lainnya guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid yaitu dengan mensosialisasikan 5 M, Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas. Selain itu guna mensukseskan program pentingnya Vaksin, Pemerintah desa dengan berupaya untuk memberi sosialisasi tentang vaksin, agar masyarakat antusias, sebab dengan kita Vaksin dapat mènambah imun tubuh hingga nantinya bisa terbebas dari virus penyakit,” paparnya.

Dan meski dimasa pandemi, setelah melalui hasil musrenbangdes, saat ini Pemerintah Desa Rancawiru sedang melaksanakan kegiatan Rabat atau Betonisasi yang dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat, adanya kegiatan ini bertujuan untuk kelancaran transportasi bagi masyarakat.

Selain itu guna terciptanya kebersamaan antar Pemerintah desa dengan masyarakat yaitu melalui kegiatan kerja bhakti yang di laksanakan setiap bulan sekali, melalui kerja bhakti ini dapat membantu tercapainya pembangunan atau kebersihan yang bermanfaat bagi lingkungan di wilayah desa Rancawiru. Dan saat ini atas inisiatif yang dananya bersumber dari swadaya, masyarakat bersama sama telah melaksakan pekerjaan kegiatan penaludan makam kemalangan yang berada di wilayah RT.1 dan 2 RW.5.

” Diharapkan dengan adanya program swadaya ataupun program pemerintah yang telah dilaksanakan, dapat diterima 0leh masyarakat dengan baik dan bisa memberi manfaat. Oleh karena itu, kami beserta semua perangkat desa yang ada akan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik, jadi mohon kerjasama dan dukungannya kepada semua masyarakat, anggota BPD, RT maupun RW serta tokoh masyarakat,” ungkap Kades Rancawiru, Agus Suwandi, saat ditemui di ruang kerjanya. ( seno aji )

Pos terkait