Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provsu Gelar Sosialisasi Aplikasi E-reporting SIMLUHTAN

  • Whatsapp

NIAS BARAT/NEWSSANTIKORUPSI-Dinas PertanianTanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara yang di wakili oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, M.
Juwaini, SP.M.,MA.,Bersama Tem gelar Sosialisasi Aplikasi E-reporting SIMLUHTAN di Distanpang Kabupaten Nias Barat keoada PPL se-kabupaten Nias Barat

yang bertempat di ruang serbaguna Distanpang Kabupaten Nias barat. Kamis (04/11/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut turut hadir, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, M. Juwaini, SP.M.,MA.,
Bersama Tim, Plt. Kadis tanpang Nias barat Drs. Darman Gulo, Sekdis tanpang Nias barat Herti R. Hia, S.Sos., Para Kabid Distanpang Nias barat, 8 orang Koordinator PPL se-Kabupaten Nias barat serta PPL se-Kabupaten Nias

Kepala Bidang Tanama Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, M. Juwaini, SP.M.,MA., Menjelaskan bahwa, E-reporting Poligon merupakan sistem digitasi peta poligon melalui foto open camera, juga memuat perhitungan dan pelaporan luas lahan pertanian.

“aplikasi e-Reporting terintegrasi dengan Simluhtan, artinya kita melakukan pemetaan luas wilayah pertanian dengan data kelompok tani di Simluhtan.
Data aplikasi berbasis spasial atau poligon ini akan termonitor secara online”. jelasnya

Pemberian materi disampaikan oleh Tem dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara menjelaskan bahwa, E-Reporting yang di install melalui Play store pada handphone masing-masing penyuluh. Setelah melakukan Login akan langsung di arahkan pada halaman laporan. Ketika E-Reporting sudah integrasi dengan BAST Online terdapat menu Poktan dan Gapoktan, mereferensi kepada Aplikasi Simluhtan.

Tahapan di E-Reporting diantaranya :
Memilih Kelompok Tani, Upload Foto, Digitasi Poligon kemudian simpan.
Pada tahapan menggunakan Aplikasi Open Kamera, dimana ukurannya tidak boleh lebih dari 2MB.

“Setelah mempelajari cara menggunakan Aplikasi e-Reporting, semoga penyuluh pertanian Kabupaten Nias barat bisa membuat peta poligon sesuai luas lahan pertanian di wilayahnya masing-masing.Kami harapkan juga ilmu menjalankan aplikasi ini bisa disampaikan kepada teman-teman penyuluh lainnya.”
ucapan Pemateri.

Plt. Kadistanpang Kabupaten Nias barat Drs. Darman Gulo, berteri makasih banyak kepada Dinas pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, dalam hal ini Kepala Bidang Tanaman Pangan Di Dinas pertanian Provinsi Sumatera Utara, M. Juwaini, SP.M.,MA., Dan Tim, telah meluangkan waktunya untuk memberikan pembelajaran kepada PPL se-Kabupaten Nias barat untuk mendalami ilmu-ilmu tentang pertanian ini.

Drs. Darman Gulo menghimbau kepada seluruh PPL se-Kabupaten agar apa yang sampaikan oleh tim dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura provinsi Sumatera Utara,agar laksanakan dan praktekkan untuk masyarakat Nias barat untuk mewujudkan Nias Barat Soguna Bazato(sabar)

Pos terkait