Konflik Antar Pemdes dan Camat Nibung Hangus, Akhirnya Selesai di RDP Komisi I DPRD Kabupaten Batu Bara

Batu Bara, newssantikorupsi.com- Konflik yang sempat terjadi di Desa Kapal Merah Kecamatan Nibung Hangus Kabupaten Batubara, akhirnya dapat diselesaikan melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar oleh Komisi I DPRD Batubara. Senin, 12/7/2021.

Kegiatan RDP tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Batubara Azhar Amri, dengan dihadiri oleh Camat Nibung Hangus Wandi, Kadis PMD Radiansyah, Kades Kapal Merah Pindawaty, Tokoh Pemuda Nibung Hangus Adam Malik, Kepala Dusun, dan Tokoh Masyarakat.

Bacaan Lainnya

Pertemuan tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa Kepala Desa Kapal Merah Pindawaty, Camat Nibung Hangus Wandi dan Dinas PMD Radiansyah sepakat untuk tidak mempermasalahkan lagi Kepala Dusun yang telah diberhentikan dan belum dibayar gajinya sekitar 2 bulan itu.

Kemudian Kades, Camat dan Dinas PMD sepakat untuk saling berkordinasi dalam mempercepat pencairan anggaran di Desa Kapal Merah termasuk BLT DD yang telah lama tertunda.

Ketua Komisi 1 Azhar Amri menjelaskan duduk permasalahan yang terjadi di Desa tersebut.

“ Permasalahannya ada 3 Kepala Dusun yang diberhentikan, namun mereka tidak keberatan dengan syarat mereka menuntut honor mereka yang menurut mereka belum dibayarkan selama 2 bulan. Tetapi setelah tadi didiskusikan ternyata uang itu telah dikembalikan ke khas Daerah (silva) ”, terangnya.

Selain itu Azhar Amri yang juga Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini menjelaskan bahwa, setelah didiskusikan maka ditemukanlah perdamaian bahwa honor Perangkat Desa yang keberatan itu jika secara hukum dapat dikembalikan maka mereka bersedia menerimanya dan Kades pun menyetujui hal tersebut.

“ Namun jika tidak dapat dikembalikan mereka juga tidak mempermasalahkannya.
Alhamdulillah kedua belah pihak sudah sepakat untuk menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan dan kami juga telah sepakat bahwa ini adalah pertemuan terakhir dalam konflik ini ”, jelasnya lagi.

Sementara itu Kades Kapal Merah Pindawaty dalam RDP tersebut mengaku puas dengan hasil RDP tersebut.

“ Kami puas, akhirnya permasalahan ini dapat diputuskan, semoga kedepannya tidak ada lagi permasalahan di Desa kami. Saya berharap kepada Pak Camat jika ada warga yang melaporkan dan mengatasnamakan masyarakat Kapal Merah, alangkah baiknya telpon saya dulu jadi kita bisa kordinasi dan membicarakannya terlebih dahulu,” harapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Camat Nibung Hangus Wandi, yang mengatakan bahwa kejadian ini merupakan kritikan yang membangun baginya untuk menjadi lebih baik lagi.

“ Kemarin saya sempat kaget saat dikirimkan papan bunga yang isinya lumayan ekstrim, tapi itu sudah saya maafkan dan saya jadikan kritikan untuk menjadi lebih baik lagi. Sebenarnya kalau permasalahan kemarin hanya mis komunikasi aja atau kurang kordinasi antara kami (Camat dan Kades) dan jujur saya tidak ada sedikit pun niat untuk menghambat pencairan Siltap, DBH, BLT di Desa “, jelasnya kepada awak media.

Disela-sela RDP, Tokoh Pemuda Nibung Hangus Ketua DPP Aliansi Pemuda Desa Bersatu (APDESU) Adam Malik S.Sos, memberikan peringatan baik kepada Pemerintah Kabupaten maupun Pemdes, untuk tidak mempersulit masyarakat dengan ego sektoral yang dimiliki, karena BLT DD sangat di harapkan oleh masyarakat.

(albs70).

Pos terkait