Bupati Khenoki waruwu Kukuhkan Pengurus TP. PKK Kabupaten Nias Barat Periode Tahun 2021 – 2026

  • Whatsapp

Nias Barat. NAK – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Kukuhkan Kepengurusan Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Barat, masa bakti Periode Tahun 2021 – 2026, bertempat di Aula Soguna Ba Zato, Onolimbu. Selasa, 29 Juni 2021.

Acara pengukuhan Tim Penggerak PKK ini turut hadir Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua, Staf Ahli dan Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Barat Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu dan segenap pengurus.

Bacaan Lainnya

Dalam arahan dan bimbingannya Bupati Nias Barat menyampaikan keberadaan kaum perempuan yang terwadahi dalam organisasi Gerakan PKK memiliki peran strategis, dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, secara menyeluruh khususnya untuk perempuan dan anak  -anak serta menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Khenoki menjelaskan, “wujud peran strategi Gerakan PKK dalam membantu tugas pemerintah dapat terlihat dari 10 Program Pokok PKK yang sangat sinergi dan selaras dengan program – program yang ingin di laksanakan pemerintah, diantaranya :

Upaya penanggulangan kemiskinan, dimana Gerakan PKK telah mengambil bagian menanggulanginya yang terepresentasi pada Program Pokok PKK ke-8, yaitu melalui pengembangan kehidupan berkoperasi sebagai upaya pemberdayaan keluarga dan juga merupakan jalur yang baik dalam melatih dan mewujudkan prinsip kehidupan demokratisasi dan kerjasama antar manusia.
Upaya penanggulangan kelaparan, dimana Program Pokok PKK ke-3 satu telah turut membantu dalam menanggulangi persoalan pangan dengan cara menggalakkan penyuluhan untuk pemanfaatan lahan dengan menanam tanaman produktif yang akan memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam keluarga.
Upaya memberikan pelayanan dasar, yaitu pendidikan dasar untuk semua, dimana Gerakan PKK melalui program pokoknya yang ke-6, yakni keterampilan dan pendidikan turut memberikan sumbangsih yang sangat besar membantu pemerintah memberikan pengetahuan khususnya kepada kaum wanita sampai ke pelosok.
Program Pokok PKK lainnya yang selaras dengan program pemerintah adalah di bidang kesehatan, yakni dalam upaya penurunan angka kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu serta memerangi HIV/AIDS melalui program-program yang dijalankan oleh Tim Penggerak PKK.

Dengan adanya keselarasan program-program ini, tentunya Tim Penggerak PKK dapat menjalankan fungsinya dan perannya dengan baik dan dapat membangun kemitraan dengan Perangkat Daerah yang ada di lingkungan Kabupaten Nias Barat.

Dikatakan Khenoki, dengan Pengukuhan dan Pelantikan Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK ini, merupakan awal dan momentum yang tepat bagi kita untuk menjadikan Kabupaten Nias Barat ini ke arah lebih maju dan kesejahteraan yang merata.

“Kami berharap kepada seluruh Pengurus Tim Penggerak PKK, agar dapat berperan aktif dalam menunjang pergerakan pembangunan daerah serta mampu memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat agar solusi strategis dapat diambil”.

Mantan Wakil Bupati Nias Barat ini menghimbau kepada seluruh pengurus/anggota TP. PKK Nias Barat agar bekerjasama untuk meningkatkan kinerja.

“Kami himbau agar dapat meningkatkan etos kerja, kerja sama dan profesionalisme sehingga Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Barat akan menjadi organisasi yang solid, kreatif dan inovatif. ”Ujarnya.

Sabar.

Pos terkait